Manfaat Vaseline

Share:

Vaseline – Kali ini kita akan membahas tentang petroleum jelly atau sering kita sebut vaseline (salah satu produknya). Tidak hanya penjelasan saja, namun menyajikan juga apa saja manfaat vaseline atau petroleum jelly. Sebelum kita menuju ke manfaatnya, ada baiknya simak penjelasan mengenai petroleum jelly ini.

Manfaat petroleum jelly berasal dari bahan utama minyak bumi, yang membantu menyegel kulit Anda dengan penghalang pelindung air. Ini membantu kulit Anda menyembuhkan dan mempertahankan kelembaban. Baca dibawah ini untuk mengetahui apa lagi yang bisa kita dapat dari petroleum jelly.

Info

Petroleum jelly (juga disebut petrolatum) adalah campuran minyak mineral dan lilin, yang membentuk zat seperti semisolid jeli. Produk ini tidak banyak berubah sejak Robert Augustus Chesebrough menemukannya pada tahun 1859. Chesebrough memperhatikan bahwa para pekerja minyak akan menggunakan jelly yang lengket untuk menyembuhkan luka ringan dan juga luka bakar mereka. Dia akhirnya mengemas jeli ini sebagai produk yang bernama Vaseline.

 

Contoh produk

Vaselin juga memiliki beberapa produk, di bawah adalah beberapa produk vaseline yang mengutamakan manfaat petroleum jelly.

vaseline
Vaseline pure. Sumber: target.com
vaseline
vaseline lip therapy. Sumber: lazada.com.ph
  • Vaseline Lip Therapy Rosy Lip

Produk ini sebenarnya sama, namun bisa dilihat dari warna jelinya, vaseline asli berwarna putih dan vaseline lip therapy berwarna merah. Dan bedanya sangat terlihat pada fungsinya. Produk ini hanya mengutamakan manfaat untuk bibir. Sedangkan vaseline yang asli (varian original) mengutamakan fungsi yang beragam, nanti kita bisa baca manfaatnya di bawah.

Baca juga

Cara mengatasi insomnia

Cara mengatasi rambut rontok

Keutaman vaseline lip therapy rosy lip
– kecil, gampang dibawa-bawa
– menjaga agar bibir tetap lembab
– membuat bibir jadi lembut, halus
– mengembalikan warna asli bibir
– mencegah kulit bibir pecah dan berdarah
– memudarkan warna hitam pada bibir
– memberi warna pink

Sangat cocok bagi orang yang bibirnya sangat kering bahkan mengelupas. Moisturizing, tidak cepat hilang, dan sehabis hilang tidak langsung membuat bibir terasa kering. Memberikan warna merah alami, dapat digunakan pula pada pipi.

Cara pakai:
pakai ke bibir sesering yang kamu suka. Apalagi untuk yang kering parah, oleskan agak tebal, tunggu sebentar, lap pakai tisu, kulit keringnya bakal jatoh. Bisa juga pakai sebelum lipstick supaya lipstik tetap awet dan bibir tetap lembut.

 

  • Vaseline pure petroleum jelly

 

Pada produk ini vaseline benar-benar menyajikan bahan petroleum didalamnya tanpa menambahkan bahan-bahan bahan kimia berbahaya yang lainnya, kita bisa lihat dari namanya “vaseline pure petroleum jelly” bahwa disitu menjelaskan kata “pure” berarti sudah jelas vaselin ingin menyajikan bentuk asli petroleum jelly.

Untuk mengetahui manfaatnya, saya akan menyajikan manfaat vaseline secara keseluruhan. Berikut penjelasannya.

 

Manfaat Vaseline (petroleum jelly)

1.Menyembuhkan goresan kulit kecil dan luka bakar

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa petroleum jelly efektif menjaga kelembaban kulit selama penyembuhan pasca operasi. Ini mungkin sangat baik untuk cedera kulit yang teratur dan tidak terlalu dramatis. Pastikan bahwa permukaan yang Anda gunakan petroleum jelly sudah dibersihkan dan didesinfeksi dengan benar. Jika tidak, bakteri dan patogen lainnya dapat terperangkap di dalam dan menunda proses penyembuhan.

 

2.Melembabkan wajah, tangan, dan lainnya

Wajah dan body lotion: Oleskan petroleum jelly setelah mandi. Sebagai pelembab oklusif, ini mencegah kulit Anda mengering. Anda juga dapat menggunakannya untuk hidung kering selama musim dingin atau alergi.

  • Tumit retak: Rendam kaki Anda di air hangat dengan garam ditambahkan ke dalamnya. Keringkan sepenuhnya dan oleskan petroleum jelly dan kaus kaki katun bersih.
  • Tingkatkan tangan berkebun Anda: Setelah mencuci dan mengeringkan, gunakan petroleum jelly dan sepasang sarung tangan bersih untuk membantu mengunci kelembaban dan mempercepat penyembuhan.
  • Bibir pecah-pecah: Berlaku untuk bibir yang pecah-pecah seperti yang Anda lakukan pada chapstick.

 

3.Bantuan untuk cakar hewan peliharaan

Vaseline juga bermanfaat dalam mengatasi masalah kulit pada anjing atau kucing Anda sehingga dapat retak dan menghasilkan ketidaknyamanan pada hewan peliharaan Anda. Bersihkan cakar mereka dengan kapas kasa, keringkan, dan oleskan jeli. Idealnya ini harus dilakukan setelah berjalan kaki atau ketika hewan peliharaan Anda sedang beristirahat.

vaseline
Gambar petroleum jelly. Sumber: newsnetwork.mayoclinic.org

4.Mencegah ruam popok

Petroleum jelly telah terbukti mengurangi kejadian ruam popok pada bayi. Bersihkan dan lap keringkan kulit si kecil dengan benar sebelum mendaftar. Petroleum jelly akan membentuk penghalang pelindung yang akan membantu melindungi kulit dari paparan konstan terhadap kelembaban. Buat janji dengan dokter jika ada ruam gigih.

Baca juga

Manfaat spirulina

Manfaat propolis

5.Hapus riasan mata

Minyak adalah cara yang efektif untuk menghilangkan riasan, dan petroleum jelly aman digunakan di area mata, berdasarkan penelitian tentang USG mata. Gunakan kapas atau Q-tip (untuk area yang sulit dijangkau), dan tekan dengan lembut tanpa menarik terlalu keras pada kulit Anda. Pastikan untuk menutup mata saat Anda mengusapnya. Beberapa orang juga bersumpah dengan menggunakannya pada garis-garis kaki gagak.

 

6.Simpan ujung split

Paparan sinar matahari dan angin serta air kolam bisa mengeringkan rambut Anda. Petroleum jelly dapat mengurangi tampilan ujung bercabang dan menambah kilau rambut Anda. Gosokkan sedikit jelly di antara telapak tangan dan oleskan ke ujung rambut.

vaseline
Gambar petroleum jelly. Sumber: newtoronto.com

7.Mencegah noda kulit dari pewarna rambut atau cat kuku

Oleskan vaseline di sepanjang garis rambut Anda untuk mencegah pewarna rambut menodai kulit Anda. Ini juga berfungsi jika Anda ingin mengecat kuku Anda di rumah. Sebuah penghalang petroleum jelly mudah dibersihkan ketika Anda selesai. Vaseline cocok sekali bagi kalian yang menyukai fashion yah, terutama bagi yang sering mengganti cat rambut ataupun warna kuku.

 

8.Pertahankan aroma parfum

Menggunakan vaseline sebagai dasar parfum Anda dapat membantu bertahan lebih lama. Sehingga kita lebih bisa menghemat dalam penggunaan parfum, tidak bolak-balik mengoles atau menyemprot parfum.

Baca juga

Manfaat minyak ikan

Manfaat kunyit

9.Gunakan sebagai pelumas untuk benda-benda yang aus

Jika sebuah cincin macet di jari Anda, taruh sedikit jelly di jari Anda, pastikan Anda mendapatkan beberapa di sekitar dan di bawah ring. Ini akan membantu cincin itu terlepas dari jari Anda.

 

10.Untuk Mengkilapkan sepatu atau tas kulit

Vaseline juga ternyata bisa digunakan untuk membersihkan sepatu dan juga membuat sepatu dan tas kulit lebih mengkilap. Kalian juga bisa gunakan pada benda yang berbahan kulit lainnya seperti dompet dan jaket kulit.

Caranya cukup mudah: Caranya: Oleskan Vaseline Petroleum jelly tipis-tipis pada permukaan sepatu atau tas kulit anda kemudian gosok dengan kain yg lembut.

 

Efek samping vaseline

Selain petroleum jelly memiliki banyak manfaat, seharusnya hanya untuk penggunaan luar. Jangan makan atau memasukkan petroleum jelly kedalam lubang pada tubuh. Hindari menggunakan petroleum jelly untuk masturbasi atau sebagai pelumas vagina. Menurut Reuters, sebuah studi terhadap 141 wanita menemukan bahwa 17 persen menggunakan petroleum jelly secara internal dan 40 persen dari mereka diuji positif untuk vaginosis bakterial.

Merek dan jenis jeli yang Anda beli dapat menyebabkan reaksi yang berbeda. Ini termasuk:
Potensi efek samping

  • Alergi: Beberapa orang lebih sensitif dan dapat menyebabkan alergi jika mereka menggunakan produk berbahan dasar minyak. Selalu waspada terhadap iritasi dan reaksi negatif saat menggunakan produk baru.
  • Infeksi: Tidak membiarkan kulit kering atau membersihkan kulit dengan benar sebelum menggunakan petroleum jelly dapat menyebabkan infeksi jamur atau bakteri. Guci yang terkontaminasi juga bisa menyebarkan bakteri jika Anda memasukkan jelly ke vagina.
    Risiko aspirasi: Periksa dengan dokter Anda sebelum menggunakan petroleum jelly di sekitar area hidung, terutama pada anak.

Referensi dari healthline

 

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai produk vaseline (petroleum jelly). Semoga bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita semua. Jangan lupa share artikel ini, supaya semua orang tahu manfaat vaseline. Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan komentar