Tanaman Toga Macam dan Manfaatnya

Share:

Tanaman Toga – Asal kalian tahu toga bukanlah satu jenis tanaman melainkan singkatan dari Tanaman Obat Keluarga. Yang memiliki arti tanaman yang sering kita jumpai dan bisa kita tanam di lingkungan sekitar kita.

Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu apa saja tanaman toga itu sendiri, namun disini kita akan bahas secara tuntas apa saja tanaman yang bisa kita manfaatkan untuk keluarga kita.

Kalian pasti tahu tentang manfaat jahe. Jahe bermanfaat untuk menghangatkan tubuh, namun selain menghangatkan tubuh jahe juga sangat bermanfaat dalam mengatasi berbagai masalah seperti sakit tenggorokan sampai dengan mencegah kanker usus.

Tidak hanya jahe saja masih banyak tanaman obat keluarga lainnya yang bisa kita manfaatkan.

 

Tujuan

Dalam menjalani kehidupan di bumi kita seharusnya lebih bisa menyatu dengan alam, karena alam lah yang akan memberikan segala sesuatu yang kita butuhkan termasuk kebutuhan yang ada di kota. Sebagai contoh, minyak bumi. Minyak bumi adalah salah satu hasil alam yang sungguh luar biasa. Di dalam minyak bumi tidak hanya bahan bensin saja yang ada, namun ada berbagai lapisan yang bisa diambil seperti minyak, karet, aspal dan sebagainya.

Semakin bertambahnya waktu, minyak bumi pasti akan habis, apabila kita tidak melakukan terobosan terobosan baru untuk kelangsungan di masa depan.

 

Begitu juga dengan dunia kesehatan. Sebenarnya masih banyak sekali tanaman-tanaman yang memiliki khasiat dan manfaat yang begitu hebatnya, namun masih belum banyak orang yang bisa memanfaat secara maksimal dalam pengolahan tanaman seperti ini agar bisa dijadikan obat yang benar-benar mujarab.

Walaupun mungkin, semua ilmuwan sedang melakukan investigasi terhadap tanaman-tanaman herbal untuk dijadikan obat yang mujarab, tetapi kita juga harus senantiasa memanfaat alam dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya dengan memanfaatkan tanaman toga ini. Tidak hanya memanfaat, tapi juga melestarikan agar kita bisa memanfaatkannya setiap saat.

Baca juga

Bunga hias

Manfaat kayu manis

Setelah kita tahu tujuan memanfaat tanaman togu ini, kali ini kita akan menjelaskan apa saja tanaman obat keluarga yang bisa gunakan dalam kehidupan sehari- hari. Untuk selengkapnya simak penjelasan berikut.

Macam-Macam Tanaman Toga

1.Daun Kelor

Tanaman toga
Sumber: pandji.indonsia.com

Tanaman toga yang pertama ini memiliki ketinggian batang 5-11 meter. Daun kelor berbentuk bulat telur dengan ukuran kecil-kecil bersusun majemuk dalam satu tangkai, dapat dibuat sayur ataupun obat. Bunganya berwarna putih kekuning-kuningan dan tudung pelepah bunganya berwarna hijau, bunga ini keluar sepanjang tahun dengan aroma bau semerbak.

Tumbuhan ini di sebagian negara seperti Ethiopia, Somalia dan Sudah dijadikan sebagai bahan sayuran dan obat-obatan, selain itu tanaman ini juga diperdagangkan.

Kandungan:

  • vitamin C
  • vitamin A
  • kalsium
  • protein
  • potasium
  • dsb

Tanaman ini juga memiliki banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil seperti mengontrol kadar gula darah, mencegah diabetes, sebagai zat anti-kanker, za anti-inflamasi dan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

 

2.Asam Jawa

Asam jawa memiliki nama ilmiah Tamarindus indica, tanaman toga ini biasa digunakan sebagai bumbu masakan khas Indonesia. Seperti sayur asem dan bumbu dalam pembuatan kuah pempek khas palembang dan juga masakan khas lainnya.

Kandungan vitamin B, vitamin C, zat antioksidan, beta karoten, dan mineral.

Tetapi dibalik itu semua ada banyak sekali manfaat yang kita ambil, selain sebagai masakan khas indonesia,  asam jawa ini juga memiliki segudang khasiat dan manfaat. Seperti

menyehatkan pencernaan, baik untuk kesehatan jantung, mencegah disentri (radang pada usus), mengatasi demam sampai mengobati asma.

Baca juga

 

3.Lidah Buaya

Siapa yang tidak kenal dengan tanaman toga yang satu ini? Sebagian besar pasti sudah tahu mengenai bentuk dari tanaman ini, tetapi mungkin masih sedikit yang tahu tentang manfaat yang bisa kita ambil dari tanaman ini.

Lidah buaya adalah tanaman dengan nama latin aloe vera yang sudah dikenal sejak ribuan tahun silam dan dulunya digunakan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka, dan untuk perawatan kulit. Tumbuhan ini dapat ditemukan dengan mudah di kawasan kering di Afrika. Namun semakin majunya zaman, tanaman togu ini bisa tumbuh di indonesia.

Dengan adanya tanaman lidah buaya yang tumbuh di indonesia, banyak sekali orang yang memanfaat sebagai obat kulit, penyembuh luka, penghilang bakteri dan jika dikonsumsi dapat mencegah sembelit.

 

4.Daun Bidara

Tanaman toga
Daun bidara

Daun bidara ini sudah sejak lama dipercaya sebagai tanaman toga yang sangat bermanfaat. Tanaman ini juga tercantum dalam Al-Quran. Tanaman ini sebenarnya adalah tanaman liar yang bisa tumbuh dimana saja biasanya tumbuh di kebun-kebun dan tanah kosong, namun belakangan ini daun bidara sudah di kembangbiakan bahkan sudah diperjual belikan.

Daun bidara ini memiliki banyak sekali kandungan yang baik di dalamnya. Dengan begitu, masyarakat sekarang sudah mulai mengembang biakan tanaman ini untuk obat herbal alternatif di rumah. Karena kandungan tersebut dapat mengatasi berbagai hal, bahkan hal-hal mistis sekalipun.

Selain itu daun bidara juga memiliki banyak sekali manfaat seperti, mengusir jin, mengatasi depresi, meningkatkan kekebalan tubuh, sampai mencegah penyakit kronis lainnya.

 

5.Daun Seledri

Daun seledri ini umumnya digunakan sebagai penyedap dan penambah aroma pada olahan makanan seperti sup daging, sop ayam, olahan seafood dan lain-lain.

Selain itu, daun seledri ini mengandung zat yang sangat baik untuk menunjang kesehatan kita, apa saja? simak penjelasan berikut.

Daun seledri dengan nama latin Apium Graveolens memiliki kandungan vitamin A, sementara batang merupakan sumber vitamin B1, B2, B6 dan C dengan pasokan kaya potasium, folat, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, natrium dan kandungan asam amino esensial yang tinggi.

Tanaman toga ini juga memiliki banyak sekali manfaat yaitu untuk mengontrol kadar gula darah, menurunkan kolesterol, mengatasi asma sampai mengatasi anemia dan mencegah kanker.

Baca juga

Manfaat minyak ikan

Buah tin

6.Kunyit Putih

Kunyit atau curcuma longa adalah salah satu tanaman rempah-rempah atau tanaman toga yang berasal dari kawasan asia tenggara. Tanaman ini tumbuh menyebar di malaysia dan indonesia bahkan afrika sampai australia. Sebenarnya hampir semua orang di indonesia sering mengkonsumsi kunyit ini sebagai campuran masakan dan jamu, sebagai obat alami untuk menjaga kecantikan serta kesehatan.

Kunyit atau kunir ini umumnya berwarna kuning, tetapi kali ini saya akan membahas tentang manfaat kunyit yang berwarna putih. Namun manfaat kunyit atau kunir dengan kunyit putih tidak jauh berbeda.

Kunyit putih memiliki manfaat untuk mengatasi masuk angin, diare, maag sampai mencegah kanker payudara dan untuk kesehatan kulit.

 

7.Daun Afrika

Tanaman toga
sumber: ohgitu.id

Tanaman toga yang satu ini adalah salah satu tanaman yang sangat populer di Afrika, sehingga menyebut dengan nama daun Afrika. Daun ini disana sangat sering digunakan sebagai sarana pengobatan dan untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit.

Tanaman ini sekarang sudah menyebar di kawasan indonesia karena kandungan yang sangat beragam seperti antioksidan dan vitamin.

Daun afrika ini juga memiliki manfaat untuk menurunkan kolesterol, mencegah stroke, menurunkan tekanan darah sampai mengatasi susah tidur.

 

8.Daun Sirsak

Tanaman toga yang satu ini mungkin agak berbeda, biasanya yang dimanfaatkan buahnya, tetapi daunnya pun bisa dimanfaatkan. Daun sirsak ini memiliki kandungan senyawa aktif yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Dengan mengkonsumsi rebusan daun sirsak tubuh akan mendapatkan asupan senyawa aktif salah satunya yaitu acetogenin. senyawa ini mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Ada cara untuk merebus daun sirsak ini, yaitu rebuslah 10 lembar daun sirsak dengan 600 ml air atau tiga gelas, sampai hanya tersisa sekitar 200 ml atau satu gelas. Ambil air rebusan tersebut, lalu minum sampai habis. Lakukan cara tersebut untuk mendapatkan manfaatnya.

Ada juga manfaat lain dari daun sirsak yaitu untuk mengobati asam urat, mengobati tumor jinak pada ovarium dan mengatasi diabetes.

Baca juga

Manfaat kranberi

Makanan diet sehat

9.Bawang Putih

Bawang putih dengan nama latin Allium sativum adalah salah satu tanaman toga rempah yang sangat dibutuhkan oleh semua orang, semua orang akan menambahkan potongan bawang putih ke dalam masakannya sebagai penyedap rasa.

Selain menyedapkan rasa pada makanan, ada juga kandungan manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh kita. Seperti mencegah kanker, turunkan tekanan darah, tingkatkan kekebalan tubuh dan baik untuk metabolisme tubuh kita.

 

10.Sambiloto

Tanaman toga
Gambar daun sambiloto. Sumber: palembang.tribunnews.com

Sambiloto adalah tanaman toga yang sangat legendaris. Semua orang pasti tahu dengan keberadaan tanaman ini. Bagian yang dimanfaat dari togi yang satu ini adalah daunnya, daunnya memiliki kandungan baik yang dapat meningkatkan kesehatan tubuh kita. Walaupun rasanya sangat pahit namun khasiatnya sungguh luar biasa, manfaatnya antara lain mengobati flu, mencegah penyakit jantung, mencegah diabetes, menyembuhkan infeksi dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

 

11.Kumis Kucing

Tanaman toga
Gambar kumis kucing. Sumber: vebma.com

Kumis kucing yang punya nama latin Orthosiphon aristatus ini banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam. Karena bentuknya yang mirip helai kumis kucing, tanaman toga ini juga dikenal sebagai cat whiskers atau java plant. Selain sebagai tanaman hias, tanaman kumis kucing juga biasa dijadikan obat herbal untuk banyak kondisi kesehatan tertentu. Manfaatnya yaitu dapat mengobati infeksi bakteri pada kulit, mengobati rematik, dan juga asam urat.

 

12.Kemangi

Tanaman toga yang satu ini adalah salah satu tanaman yang memiliki aroma yang khas. Kemangi biasanya dimanfaat sebagai lalapan termasuk pada hidangan ayam bakar/ayam goreng. Daun yang berwarna hijau cerah ini memiliki rasa pedas seperti daun mint yang dimana daun kemangi ini dapat meredakan sakit tenggorokan. Daun kemangi juga sangat mudah untuk ditanam dihalaman rumah. Jadi sangat cocok sekali dijadikan tanaman toga.

Baca juga

Manfaat minyak zaitun

Manfaat buah plum

13.Mahkota Dewa

Gambar mahkota dewa. Sumber: wandarafania.com

Tanaman toga ini awalnya hanya digunakan sebagai tanaman hias yang ditanam di pinggir jalan saja. Seiring berjalannya waktu, tanaman asli Papua ini kemudian digunakan oleh orang- orang Cina sebagai bahan obat tradisional.

Mahkota dewa memiliki buah yang berwarna merah ketika matang. Buah ini kemudian dikeringkan dan diolah ramuan yang bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Seperti detoksifikasi tubuh, melawan bakteri, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah alergi, mencegah kanker dan meningkatkan vitalitas.

 

14.Kencur

Tanaman toga yang mempunyai nama latin Kaempferia galanga ternyata masih satu keluarga dengan jahe atau zingiberaceae. Jadi, jangan heran jika banyak orang sering keliru membedakan kencur dengan jahe ataupun lengkuas karena bentuknya yang hampir mirip.

Tanaman akar yang satu ini walaupun sangat mirip dengan jahe namun ada perbedaan pada teksturnya, kencur memiliki tekstur yang lebih lembut daripada jahe. Warna kulit coklat dengan isi yang berwarna kuning.

Kencur memiliki banyak sekali manfaat antara lain dapat dijadikan sebagai obat batuk, penghilang stres, dan sebagai bahan dasar jamu.

Baca juga

Manfaat beras kencur

Manfaat beras hitam

15.Daun Binahong

Daun binahong adalah salah satu tanaman toga merambat yang dijadikan sebagai obat herbal. Secara sekilas daun binahong ini mirip dengan daun cincau, tetapi daun ini memiliki batang yang kemerahan.

Daun binahong ini juga salah satunya adalah sebagai sumber antioksidan, yang dimana anti oksidan ini dapat membasmi radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, sehingga kita sulit untuk terjangkit berbagai penyakit. Yaitu sebagai pencegah kanker, baik untuk pencernaan, meredakan maag, sebagai obat wasir, antiseptik alami dan sebagai obat pereda sesak napas.

 

Itulah beberapa penjelasan mengenai tanaman toga yang bisa kita manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Untuk lihat selengkapnya bisa klik beranda dan cari kata kunci pada kolom pencarian. Sekian dan terimakasih.

 

Tinggalkan komentar