Rumah Minimalis Sudah Menjadi Andalan Kaum Millenial

Share:

Rumah Minimalis – Semakin bertambahnya waktu, populasi manusia semakin banyak. Dengan banyaknya dan bertambahnya populasi manusia, semakin banyak juga kebutuhan-kebutuhan yang harus dipenuhi, dari kebutuhan primer, sekunder sampai dengan kebutuhan tersier.

Kebutuhan manusia yang harus terpenuhi yaitu kebutuhan primer. Kebutuhan primer yaitu kebutuhan yang paling penting dalam kehidupan, karena kebutuhan ini berfungsi agar kita bisa tetap bertahan hidup, seperti makanan, pakaian dan tempat tinggal.

Berbicara mengenai tempat tinggal, semakin bertambahnya populasi manusia tentunya semakin banyak juga tempat tinggal yang diibangun dari mulai rumah, hotel dan apartement.

Dulu orang lebih memilih rumah sebagai tempat tinggal utama. Rumah juga memiliki keunggulan yang sangat banyak seperti, kita bisa menentukan lokasi, bisa tentukan desain dan sebagainya.

Namun, lambat laun sebagian orang memilih untuk membeli apartemen. Apartemen memang sama dengan rumah dari segi fitur dan fungsinya, namun ada keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Apa saja simak dibawah ini

 

Keunggulan dan Kelemahan antara Rumah dan Apartemen

Rumah Minimalis
Gambar rumah dan apartemen. Sumber: enviroapartement.com

Rumah

Keunggulan:

  • Rumah bisa menentukan lokasi
  • Desain bisa ditentukan sesuka hati
  • Luas bisa ditentukan
  • dsb

Kelemahan;

  • harga lebih mahal karena harus sewa tanah/beli tanah
  • Harga renovasi besar
  • Membutuhkan waktu untuk membuat (jika membuat rumah)
  • dsb

Apartemen

Keunggulan:

  • harga sudah ditentukan
  • nilai investasi besar
  • tidak perlu memikirkan desain (karena sudah ada pada satu gedung)
  • Tidak perlu menunggu untuk dibangun
  • dsb

Kelemahan:

  • Tidak bisa menentukan lokasi, karena sudah ada di gedung.
  • Luas tidak bisa ditentukan (karena tidak ada tanah)
  • dsb

Baca juga: Dekorasi Kamar yang Direkomendasikan

Rumah minimalis – Namun semakin maju perkembangan suatu negara, maka akan semakin tinggi juga harga kebutuhan-kebutuhan yang ada, termasuk kebutuhan rumah tangga. Hal ini menimbulkan sifat pemborosan. Dengan adanya sifat tersebut, ada beberapa orang yang beralih untuk hidup lebih hemat atau sering disebut minimalis.

Konsep minimalis ini tidak hanya diterapkan pada kebutuhan primer saja, namun mencangkup juga kebutuhan sekunder dan tersier.

Konsep minimalis ini sangat berpengaruh sekali dalam perilaku pemborosan. Dengan menerapkan konsep ini seseorang dapat mengontrol kebutuhan mana yang sangat penting dalam kehidupannya.

 

Ungkapan Raditya Dika

Ini adalah ungkapan dari Raditya Dika yang sekarang sedang mencoba menerapkan konsep minimalis.

“gue jadi tau beberapa patokan-patokan mereka (orang minimalism) untuk menentukan barang mana yang ada dalam hidup atau tidak, salah satunya adalah jika barang tersebut tidak dipakai selama 90 hari, maka barang itu wajib disingkirkan” Ungkap Raditya Dika pada channel youtube nya. (17/12/18)

Pernyataan tersebut tentunya sangat penting sekali untuk diterapkan di dalam kehidupan kita. Begitu juga dengan rumah minimalis yang akan kita bahas kali ini.

 

Apa sih rumah minimalis itu?

Rumah minimalis adalah salah satu desain rumah yang mengutamakan fungsi dari pada tampilan. Rumah minimalis tidak berarti tampilannya kurang bagus, justru dengan meminimalisir barang perabotan yang tidak berguna, maka rumah tersebut akan terlihat lebih rapi dan fungsional.

Konsep rumah minimalis juga tidak harus membutuhkan rumah yang besar, rumah yang biasa saja juga bisa memegang konsep minimalis. Yang terpenting adalah mengutamakan fungsinya.

Rumah Minimalis
Denah Rumah Minimalis, Sumber: Sejasa.com (via: apkza.com)

Seperti gambar di atas. Desain rumah tersebut adalah desain minimalis yang dimana seluruh bagian dari perabotan rumah tangga dari mulai furniture sampai dengan bagian lainnya sangat terlihat fungsional.

Jadi inti dari konsep rumah minimalis ini yang diutamakan adalah fungsi, dimana seluruh bagian ruangan selalu digunakan setiap hari.

Baca juga: Bunga Hias yang Cocok Untuk Dekorasi Rumah

Setelah kita tahu tentang konsep rumah minimalis, sekrang saya akan memberikan beberapa contoh rumah minimalis yang mungkin bisa kita wujuddkan di masa depan. Berikut penjelasannya.

 

Rumah Hitam yang Simple

rumah minimalis
Gambar rumah minimalis. Sumber: beyondthepitch.com

Rumah minimalis yang berwarna hitam ini sangatlah unik. Desain rumah ini sangat simple namun juga artistik. Rumah ini benar-benar menerapkan prinsip rumah minimalis, dimana rumah ini memiliki luas yang tidak begitu besar namun sudah memberikan fitur yang lengkap dan kesan yang cukup bagus.

Dengan dinding kaca di bagian depan membuat cahaya bisa masuk pada siang hari, hal ini membuat penggunaan listrik untuk menyalakan lampu bisa lebih hemat. Di bagian atas rumah ini juga diberikan aksen jeruji sehingga terlihat lebih terbuka.

Cukup bagus bukan? dengan desain yang simple namun tetap fungsional.

 

Rumah Bentuk Kontainer

rumah minimalis
Rumah minimalis kontainer. Sumber: minimalisthomes.com

Rumah minimalis ini benar-benar sangat unik. Box kontainer raksasa yang biasanya diangkut oleh truk besar, kini di tangan desainer kreatif dijadikan rumah kecil minimalis. Wow, sungguh luar bisa.

Desain rumah ini sangat unik karena jarang sekali orang membuat rumah dengan box raksasa ini, umumnya box ini digunakan untuk mengirimkan logistik. Namun, oleh desainer atau arsitek kreatif box ini dijadikan tempat tinggal.

Rumah minimalis ini pastinya sangat kompatibel, karena dengan ukuran yang tidak terlalu besar untuk ukuran rumah, setiap sisi pada rumah ini pasti akan dipenuhi furniture seperti kursi, kasur, meja, dapur kamar mandi dan lain-lain. Biasanya agar tidak memakan tempat, meja dan furniture lain pasti bisa dilipat. Tentunya setiap ruangan pasti sangat fungsional.

Apakah kalian tertarik?

 

Rumah Terbuka

rumah minimalis
Rumah minimalis. Sumber: blacklabelapp.com

Rumah minimalis yang satu ini juga tidak kalah uniknya. Desain bangunan ini sangat simple bentuknya, dindingnya pun hanya dibelakang. Dinding pada bagian depan dan samping diganti dengan kaca transparan sehingga seluruh bagian ruangan terlihat. Tiang penyangga pada rumah ini pun tidak banyak.

Untuk lantai dasar rumah minimalis ini dijadikan ruang tamu dan keluarga serta dapur. sedangkan lantai kedua dijadikan sebagai kamar serta toilet.

Rumah ini benar-benar minimalis dan juga sangat fungsional, seluruh bagian ruangan pasti akan digunakan untuk beraktivitas ketika pemilik sedang berada dirumah. Apakah kalian tertarik desain rumah seperti ini?

Baca juga: Jenis Tanaman Hias Untuk Dekorasi Rumah

Rumah Dengan Kolam Renang

rumah minimalis
Rumah minimalis dengan kolam renang. Sumber: youtube.com

Rumah yang ini berbeda dengan rumah yang lain. Uniknya, dengan tanah yang tidak terlalu luas, rumah ini juga diberi kolam renang. Bentuk bangunan yang unik membuat sedap dipandang. Selain itu, setiap ruangan juga sangat fungsional.

Perpaduan warna putih dan coklat membuat kesan klasik namun tetap terlihat modern. Di bagian kanan juga ada ruangan yang mungkin bisa dijadikan tempat tidur. Walaupun rumah ini minimalis, namun tetap terlihat mewah karena terdapat kolam renang.

 

Rumah Minimalis Modern

rumah minimalis
Rumah Minimalis Modern. Sumber: nytexas.com

Dengan desain rumah yang simple, namun rumah ini tetap terlihat modern. Rumah modern memang sekarang sedang banyak dicari, tetapi tidak sedikit uang yang dikeluarkan. Namun rumah modern dengan konsep minimalis menjadi salah pilihan yang bagus. Selain harga yang lebih rendah, setiap ruangan juga akan tetap berfungsi layaknya rumah. Dengan memanfaat space yang kosong untuk mengisi furniture yang dibutuhkan.

Untuk menghemat luas tanah, kita juga bisa membuatnya dengan dua lantai. Seperti yang terlihat pada gambar diatas. Walaupun tidak terlalu luas, rumah ini tetap terlihat luas karena dibangun dua lantai. Dengan desain modern membuat rumah ini terlihat lebih mewah.

Itulah beberapa rumah minimalis yang bisa kita lihat, bagi kalian yang suka salah satu rumah diatas bisa tulis di komentar dan berikan alasannya.

Semoga bisa bermanfaat informasi ini, share juga artikel ini ke teman-teman kalian yang ingin membangun rumah namun bingung memilih desain. Mungkin bisa dijadikan referensi. Itu saja sekian dan terimakasih.

 

Tinggalkan komentar