Manfaat Teh Hijau

Share:

Kali ini kita akan membahas tentang manfaat teh hijau, sebelum ke manfaatnya kita harus tau dulu apa itu teh hijau.

Teh hijau (ryokucha) adalah teh yang sangat umum di Jepang sehingga bila disebut “teh” (ocha) maka kemungkinan besar yang dimaksudkan adalah teh hijau, dan baru disebut sebagai teh Jepang (nihoncha) kalau memang tersedia pilihan teh yang lain. Teh ini biasanya dijual dengan harga yang bergantung pada kualitas dan bagian dari tanaman yang dibuat teh.(WIKIPEDIA)

Ada banyak sekali jenis teh hijau, lihat data dibawah.

  • Gyokuro
  • Matcha
  • Sencha
  • Genmaicha
  • Kabusecha
  • Bencha
  • Hojicha
  • Kukicha

Setelah kita tahu apa itu teh hijau dan jenisnya, kali ini kita bawah mengenai manfaat teh hijau. Simak penjelasan berikut.

 

Manfaat teh hijau untuk dalam tubuh

1.Menurunkan kolesterol

Manfaat teh hijau

Manfaat teh hijau yang pertama yaitu sapa menurunkan kolesterol. Masalah kolesterol tinggi umumnya dapat diderita oleh semua orang namun sangat beragam cara untuk mengatasi hal tersebut.

Teh hijau mengandung senyawa tanin yang berfungsi sebagai zat penurun kolesterol jahat (LDL). Kolesterol tersebut mampu menyumbat pembuluh darah arteri. Apabila darah tersumbat dapat mengakibatkan berbagai penyakit seperti stroke dan serangan jantung.

 

2.Mencegah diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh jumlah kadar gula dalam darah yang berlebihan. Untuk mencegahnya ada banyak cara, salah satunya adalah mengkonsumsi teh hijau.

Teh hijau memiliki senyawa aktif yang mampu mengurangi kadar gula darah setelah mengkonsumsi makanan, sehingga apabila mengkonsumsi teh hijau setelah makan, kadar gula darah akan berkurang. Dengan demikian, resiko penyakit diabetes dapat dikurangi.

Baca juga

Manfaat alpukat

Manfaat daun sirsak

3.Untuk untuk ibu hamil

Manfaat teh hijau
sumber: alodokter.com

Manfaat teh hijau juga ternyata baik untuk ibu hamil. Kandungan antioksidan pada teh hijau mampu menjaga tubuh dari zat-zat berbahaya atau racun dalam tubuh. selain itu, teh hijau juga mampu mengendalikan hipertensi dan tingkatkan kekebalan tubuh, sehingga dapat memperbaiki proses mengandung.

Namun jika ingin mengkonsumsi apapun termasuk teh hijau harus konsultasikan kepada dokter terlebih dahulu agar tidak terjadi kesalah dalam mengkonsumsi makanan.

 

4.Mengurangi nyeri rematik

Teh hijau juga bermanfaat untuk mengurangi gejala rematik. Rematik adalah penyakit yang menimbulkan rasa sakit akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan.

Dengan mengkonsumsi teh hijau gejala rematik dapat dikurangi, karena teh hijau mampu menghambat sejenis protein yang dapat menyebabkan peradangan dan menghambat fleksibilitas tulang rawan.

 

5.Mengurangi stres dan depresi

Manfaat teh hijau
Pusing dan stres. sumber: klok.dokter.com

Beban pikiran, kerja lembur, tugas semakin banyak itu pasti membuat pikiran kita pusing dan stres. Namun dengan mengkonsumsi segelas teh hijau hangat maka tubuh akan terasa lebih rileks, karena mengandung senyawa theanine yang mampu meringankan stres, kecemasan dan juga bekerja sebagai antidepresan.

 

6.Meningkatkan sistem imunitas

Sistem imunitas atau kekebalan tubuh sangat diperlukan oleh semua orang, apabila seseorang tidak memiliki sistem imunitas yang baik, maka orang tersebut mudah sekali terkena virus dan akhirnya mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit.

Tetapi ada alternatif agar tubuh terjaga kesehatannya, yaitu mengkonsumsi teh hijau. Sudah dijelaskan diatas bahwa teh hijau mengandung zat antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah radikal bebas dan racun masuk ke dalam tubuh, sehingga kesehatan tubuh akan selalu terjaga.

 

7.Meringankan asma

Manfaat teh hijau juga baik dalam meringankan gejala asma, gejalanya adalah sesak napas. Teh hijau mengandung senyawa teofilin yang baik dikonsumsi oleh penderita asma. Dengan mengkonsumsi teh hijau maka gejala asma dapat diminimalisir.

Baca juga

Khasiat daun kelor

Manfaat buah pisang

8.Baik untuk otak

Tidak hanya kopi saja, teh hijau juga mengandung kafein yang dimana kafein ini bermanfaat untuk meningkatkan fungsi otak, mood dan kewaspadaan. Selain itu, teh hijau juga mengandung senyawa L-theanine. Apabila dikombinasikan antara kafein dan L-theanine menurut para, mampu memperbaiki fungsi otak.

 

9.Mencegah alzheimer dan parkinson

Manfaat teh hijau selain untuk memperbaiki fungsi otak, juga bermanfaat untuk memperbaiki masalah neuron. Ada beberapa penyakit yang disebabkan karena masalah pada neuron yaitu:

  • Alzheimer adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum pada manusia dan penyebab demensia atau kemunduran fungsi otak, biasanya dialami oleh lansia.
  • Parkinson adalah penyakit neurodegeneratif yang paling umum diderita dan melibatkan kematian neuron penghasil dopamin di otak.

 

10.Mencegah kanker

Manfaat teh hijau
Sumber: kawaiibeautyjapan.com

Teh hijau juga sangat baik dalam pencegahan penyakit kanker, kandungan antioksidan pada teh hijau mampu menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh, termasuk sel kanker. Dengan adanya antioksidan maka sel kanker tersebut dapat langsung dicegah oleh tubuh.

Ada beberapa kanker yang dapat dicegah:

  • Kanker prostat
  • Kanker kolorektal
  • Kanker kanker payudara

 

11.Menyehatkan jantung

Sudah dijelaskan diatas, bahwa kandungan kolesterol berlebihan pada tubuh dapat menyebabkan penyakit, salah satunya jantung. Dengan mengkonsumsi teh hijau setiap pagi akan memungkinkan pencegahan kolesterol jahat. Sehingga, penyakit jantung akan jauh dari kita.

Baca juga

Manfaat alpukat

Manfaat daun binahong

12.Mengontrol tekanan darah

Manfaat teh hijau juga bisa sebagai pengontrol tekanan darah, terutama tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi dapat diderita oleh semua orang didunia, bahkan masalah ini mungkin hampir semua orang alami, misalnya ketika kita sedang marah saja tekanan darah akan naik. Untuk mencegah hal tersebut konsumsilah segelas teh hijau untuk menetralkannya.

Selain itu, ada penelitian bahwa teh hijau ini setelah dikonsumsi selama tiga bulan, ternyata tekanan darah dapat dikontrol dengan baik.

 

13.Mengobati sakit kepala

Manfaat teh hijau
Sumber: liputan6.com

Teh hijau juga bermanfaat dalam mengatasi sakit kepala terutama migrain. Teh hijau ini memiliki efek anti-inflamasi yang mampu meredakan sakit kepala dan efek merilekskan otak ketika minum teh hijau pusing akan segera terobati.

Baca juga

Manfaat buah semangka

Manfaat daun afrika

Manfaat teh hijau untuk luar tubuh

1.Menurunkan berat badan

Ternyata manfaat teh hijau sangat baik untuk menurunkan berat badan. Tetapi harus tetap diselingi dengan olahraga agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Selain itu, teh hijau juga bisa digunakan sebagai menu diet. Cocok sekali untuk mencegah obesitas. Tidak hanya itu, menurut penelitian teh hijau juga mengandung zat katekin yang mampu membakar lemak tubuh, namun pernyataan tersebut masih dalam penelitian berlanjut.

 

2.Hilangkan bau mulut

Manfaat teh hijau
Sumber: liputan6.com

Salah satu masalah yang dapat menurunkan kepercayaan diri kita adalah bau mulut. Bau mulut sangat mengganggu bagi diri kita sendiri dan juga orang lain. Namun ada cara alternatif untuk menghilangkan bau mulut, yakni dengan menggunakan teh hijau.

Teh hijau mengandung antioksidan dan anti-bakteri selain itu juga teh hijau memiliki aroma yang khas. Caranya gunakan segelas teh hijau hangat kemudian gunakan sebagai obat kumur. Untuk hasil maksimal lakukan cara ini secara rutin.

Baca juga

Manfaat beras kencur

3.Mencegah gigi rusak

Selain menghilangkan bau mulut, teh hijau juga bermanfaat untuk menyehatkan gigi. Kandungan anti-bakteri pada teh hijau membuat bakteri pada gigi dapat dibasmi.

Menurut  studi di jepang mengungkapkan bahwa orang yang minum teh hijau setiap hari mereka memiliki gigi yang utuh sepanjang hidupnya.

 

4.Menyehatkan kulit

Manfaat teh hijau juga sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit. Tidak sedikit orang yang menggunakan teh hijau sebagai masker bahkan produk kosmetik pun menggunakan teh hijau sebagai campurannya.

Kandungan antioksidan pada teh hijau ini mampu menangkal radikal bebas seperti polusi dan sinar UV yang menyebabkan kulit kusam  dan penuaan dini. Dengan melakukan treatment menggunakan teh hijau dapat mengurangi masalah kulit tersebut.

 

5.Menghilangkan jerawat

Manfaat teh hijau
Jerawat. netcyber.com

Tidak hanya mengatasi kulit kusam, manfaat teh hijau juga untuk menghilangkan jerawat. Gunakan bubuk teh hijau sebagai masker. Lakukan cara tersebut secara rutin agar jerawat dapat hilang dan juga dapat dicegah.

 

6.Menyehatkan rambut

Manfaat teh hijau

Teh hijau juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan rambut. Teh hijau mengandung vitamin E dan C yang mampu meningkatkan kesehatan rambut dan membuat rambut lebih berkilau.

Bahkan teh hijau juga mampu menurunkan fungsi hormon DHT (dihydrotestosterone) hormon ini adalah hormon yang mampu menghambat pertumbuhan rambut. Dengan menggunakan air teh hijau setelah keramas masalah pada rambut akan teratasi.

 

7.Menghentikan kebiasaan merokok

Manfaat teh hijau
Sumber: npr.org

Merokok sebenarnya tidak ingin merokok, tetapi mereka sudah mengalami kecanduan setelah mencoba rokok. Mungkin bulan pertama masih rokok pasif namun setelah beberapa bulan akan menjadi perokok aktif, hal ini dikarenakan nikotin yang sudah masuk ke dalam tubuh sehingga ada efek untuk tetap merokok hingga kecanduan.

Namun ada salah satu cara untuk berhenti merokok yakni mengkonsumsi teh hijau, karena menurut penelitian teh hijau mampu mengurangi keinginan atau kecanduan untuk merokok.

Minumlah teh hijau setiap hari dan coba kurangi konsumsi rokok sampai benar-benar 100 persen berhenti merokok.

 

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai manfaat teh hijau, semoga bermanfaat bagi kita semua. Kalian juga bisa SHARE artikel ini melalui ponsel kalian agar teman dan keluarga kalian tahu, bahwa banyak sekali manfaat teh hijau untuk kesehatan tubuh.

 

Tinggalkan komentar