Manfaat Pare

Share:

Kali ini kita akan membahas mengenai manfaat pare. Pare ini sering ditanam di sawah atau ladang, tanaman ini merambat seperti timun namun memiliki keunikan tersendiri. Pare merupakan salah satu jenis buah atau bisa juga di sebut sayuran yang memiliki rasa pahit. Sayuran ini biasanya dijadikan olahan seperti tumis pare, jus pare dan bahkan dijadikan sebagai isi siomay.

Pare ini memiliki rasa yang pahit namun tidak sepahit manfaatnya, ada banyak sekali manfaat yang terkandung di dalamnya, untuk tahu lebih jelasnya simak penjelasan berikut.

 

Manfaat pare untuk kesehatan tubuh

1.Menurunkan kadar gula darah

manfaat pare
sumber: doktersehat.com

Manfaat pare ini juga sangat baik dalam mengontrol kadar gula darah, pasalnya pare ini sangat baik dikonsumsi oleh orang yang menderita diabetes tipe-2. jadi konsumsilah pare agar mendapatkan manfaat secara maksimal.

 

2.Anti virus

Manfaat pare juga sebagai anti virus, kandungan baik di dalamnya yaitu protein anti virus MAP30, yang dapat menghambat infeksi HIV.

Ini sangat penting sekali jadi sering-seringlah konsumsi pare untuk mendapatkan manfaatnya.

 

3.Anti jamur

Pare ini juga sangat baik untuk mengobati luka akibat jamur karena mengandung minyak atsiri di dalamnya, caranya mudah, kita hanya menggosokan pada bagian yang bermasalah.

manfaat pare
bakteri baik., sumber: lifestyle.kompas.com

4.Antimikroba

Pare ini juga sangat baik dalam mengurangi bakteri, terutama untuk melawan TBC dan H.pylori yang menyebabkan penyakit maag pada lambung.

 

5.Menurunkan kadar lemak darah

Mengkonsumsi pare secara rutin dengan cara dimasak atau dijus, mampu menurunkan lemak darah yang sangat berbahaya yang mampu membentuk kolesterol. Karena ada zat baik di dalam pare yang dapat menetralisir lemak jahat.

 

6.Mencegah kanker

Kandungan antioksidan pada pare sehingga dapat menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh dan terhindar dari bakteri atau virus yang berbahaya yang menimbulkan potensi kanker. Mengkonsumsi pare secara rutin dapat mengurangi resiko penyakit kanker.

 

7.Sebagai obat luka

Sebenarnya sudah disampaikan diatas, bahwa manfaat pare bisa sebagai anti jamur dan mengobati luka. Untuk mengatasi luka ringan cukup mengoleskan pare dan bijinya ke bagian luka.

 

8.Menurunkan rasa sakit

Manfaat pare ini juga dapat mengurangi rasa sakit kandungan baik di dalamnya yang mampu menetralisir rasa sakit. Yaitu sifat analgesik artinya dapat mengurangi rasa sakit.

manfaat pare
sumber: style.tribunnews.com

9.Mempercepat pembekuan darah

Sering mengkonsumsi pare ini juga sangat baik untuk mempercepat pembekuan darah karena luka, jadi konsumsilah pare agar mendapatkan manfaatnya.

Baca juga

Manfaat buah naga

Manfaat jeruk nipis

10.Mencegah obesitas

Manfaat pare juga baik untuk mencegah obesitas, hal tersebut terjadi adanya aktivitas enzim dimana ada perubahan glukosa menjadi energi, karena adanya enzim tersebut untuk menghasilkan energi tubuh akan merombak lemak menjadi energi, sehingga dapat mengurangi kadar lemak dan akhirnya obesitas dapat dihindarkan.

 

11.Meningkatkan fungsi pencernaan

Pare juga sangat baik dikonsumsi karena mengkonsumsi pare dapat dijadikan sebagai obat pencahar alami untuk mengobati sembelit. Jadi, bagi kalian yang memiliki masalah pada pencernaan terutama sembelit, konsumsilah pare.

 

12.Menurunkan kadar kolesterol

manfaat pare
sumber: google.com

Menurut artikel lain manfaat pare ini juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol. Manfaat yang satu ini sangat penting, karena kolesterol jahat sangat berbahaya bagi kesehatn tubuh. Kolesterol akan masuk pada darah dan menimbulkan penyumbatan pada sistem peredaran darah sehingga dapat  menimbulkan stroke dan serangan jantung.

Konsumsilah pare dengan cara di jus atau dijadikan masakan untuk mendapatkan manfaatnya.

 

13.Meningkatkan detoksifikasi

Manfaat pare juga baik sebagai detoksifikasi atau pembersih racun. Ada sebuah penelitian yang dilakukan di Universitas Annamali di India melaporkan ekstrak pare dapat meningkatkan kadar glutathinone peroxidase (GPx), superoxide dismutase dan katalase yang dapat membantu meningkatkan kemampuan detoksifikasi dan mencegah kerusakan hati.

 

14.Baik untuk kulit

Pare juga sangat baik untuk kulit, mengkonsumsi pare secara rutin dapat menjaga kulit agar tetap sehat.

manfaat pare
sumber: prelo.co.id

15.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat pare yang terakhir adalah pare sangat baik untuk kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh itu sangat penting sekali, selain untuk mencegah berbagai penyakit kekebalan tubuh atau imun ini juga baik dalam mencegah infeksi.

 

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat, kalian juga bisa SHARE agar teman dan keluarga kalian tahu bahwa banyak sekali manfaat pare untuk kesehatan tubuh kita. Baca juga artikel lain di ManfaatBelajar.com

Tinggalkan komentar