Manfaat Minyak Zaitun

Share:

Manfaat minyak zaitun – Sebelum kita bahas apa saja manfaat minyak zaitun itu sendiri, kita perlu tahu dulu mengenai zaitun itu sendiri. Apakah kalian tahu apa itu zaitun dan minyak zaitun? apakah kalian tahu asalnya dari mana? dan mengapa zaitun sangat populer? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, simak saja penjelasan dibawah.

Kita jawab semua pertanyaan diatas. Zaitun adalah semacam buah yang dihasilkan dari pohon zaitun yang tumbuh di daerah Mediterania (Turki, Yunani, Albania, Montenegro, Serbia-Herzegovina, Kroasia, Slovenia, Malta, Italia, Perancis, Monako, dan Spanyol) dan buah tersebut dapat diproses sampai menjadi minyak.

Dan mengapa sangat populer di dunia? zaitun atau minyak zaitun ini begitu populer karena olahan tanaman ini memiliki banyak sekali manfaat dan kaya akan khasiat. Selain itu, kandungan pada minyak zaitun juga sangat banyak sekali seperti vitamin E, K, lemak (omega 9, omega 6, omega 3, dan lemak jenuh) phenolic dan zat besi serta zat antioksidan.

Baca juga

Makanan diet sehat

Manfaat buah tin

Tak khayal mengapa minyak zaitun begitu populer di dunia, dengan kandungan yang begitu banyak dan juga sangat bermanfaat untuk tubuh, tidak dipungkiri hampir semua orang menggunakannya sebagai obat herbal yang harus tersedia di rumah.

 

Setelah kita tahu sedikit mengenai buah zaitun, kali ini kita akan membahas apa saja manfaat minyak zaitun. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan dibawah ini.

 

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kesehatan

1.Mencegah kanker

 

Manfaat minyak zaitun yang pertama ini yaitu dapat mencegah kanker, mengapa bisa begitu? Minyak zaitun mengandung vitamin E dan phenolic serta terdapat kandungan zat antioksidan dan anti inflamasi sehingga dapat mencegah penyakit membahayakan yaitu kanker, terutama kanker payudara dan kanker kulit.

 

Minyak zaitun yang kaya akan asam oleat, lemak tak jenuh, dan beberapa senyawa bioaktif seperti antioksidan inilah sebab minyak zaitun dapat berperan penting dalam membasmi tumor yang menyebabkan kanker payudara.

 

Manfaat minyak zaitun juga penting dalam menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Minyak zaitun juga dapat melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB. Sehingga dengan menggunakan minyak zaitun ketika terkena paparan sinar matahari malignant melanoma, tipe kanker kulit yang paling berbahaya dapat dicegah.

 

2.Dapat Mengontrol Kadar Kolesterol

Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol (bahasa Inggris: waxy steroid) yang dapat ditemukan pada membran sel dan disirkulasikan dalam plasma darah. Merupakan sejenis lipid yang merupakan molekul lemak atau yang menyerupainya. Kolesterol adalah jenis khusus lipid yang disebut steroid.

Kolesterol mungkin baik apabila dalam jumlah standar atau tidak melebihi batas, namun akan berbahaya apabila kolesterol berada dalam jumlah yang berlebihan. Jika kolesterol berlebih dapat menimbulkan berbagai penyakit seperti serangan jantung dan stroke.

 

Manfaat minyak zaitun dalam kasus ini apa sih? Minyak zaitun ini mengandung zat antioksidan, yang dimana zat antioksidan dapat mencegah teroksidasinya zat steroid atau kolesterol tersebut.

 

3.Mencegah Serangan Jantung

Manfaat minyak zaitun juga penting dalam pencegahan penyakit jantung salah satunya serangan jantung. Seperti penjelasan yang di atas bahwa kolesterol dapat mengakibatkan serangan jantung, hal tersebut terjadi karena kolesterol yang berlebih bisa menimbulkan plak sehingga dapat menyumbat pembuluh darah pada area sekitar jantung, apabila darah tersumbat dan darah tidak bisa mengalir maka terjadilah serangan jantung. Namun disamping itu masih ada faktor lain yang dapat menimbulkan serangan jantung seperti lemak dan unsur lainnya.

 

4.Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat minyak zaitun
Tekanan darah. sumber: food.detik.com

Manfaat minyak zaitun juga baik dalam mengatur atau mengontrol tekanan darah. Tekanan darah adalah ukuran seberapa kuatnya jantung memompa darah ke seluruh tubuh kita. Dengan memiliki tekanan darah yang normal sekitar 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg kita dapat merasakan tubuh lebih segar dan tidak lemas.

Mengapa minyak zaitun dapat bermanfaat dalam mengatasi masalah ini? Minyak zaitun ini mengandung lemak tak jenuh, dan apabila seseorang mengalami darah tinggi maka lemak tak jenuh ini akan berfungsi dalam menurunkan tekanan darah. Bagi kalian yang ingin merasakan khasiatnya cobalah konsumsi minyak zaitun ekstra virgin yang bisa kalian beli secara online dan juga di apotek.

 

5.Melancarkan Aliran Darah

Memiliki aliran darah yang lancar pada tubuh kita, tentunya sangat berimbas baik dalam kerja darah. Selain baik untuk jantung peredaran nutrisi dan oksigen dapat ter transfer dengan baik.

Manfaat minyak zaitun dapat melancarkan peredaran darah ini didasari dengan kandungan yang terdapat pada minyak zaitun. Minyak zaitun mengandung  lemak omega 9,6, dan 3, yang dimana zat tersebut akan memperbaiki fungsi endotel pembuluh darah, sehingga aliran darah menjadi lebih lancar.

Baca juga

Manfaat buah pir

Manfaat beras hitam

6.Mencegah Pengeroposan Tulang

manfaat minyak zaitun
Sumber: klikdokter.com

Manfaat minyak zaitun ini diambil dari sebuah penelitian yang membandingkan antara tikus yang diberi minyak zaitun dan tidak diberi minyak zaitun. Hasil menunjukkan bahwa tikus yang tidak diberi minyak zaitun menunjukkan penurunan kadar kalsium yang signifikan dan peningkatan kadar ALP, MDA, dan nitrat yang signifikan. Dengan kesimpulan tersebut minyak zaitun mungkin ada efek yang sama apabila minyak zaitun tidak kita konsumsi.

 

7.Kaya Akan Lemak Tak Jenuh

Sekitar 14% dari minyak adalah lemak jenuh, sedangkan 11% adalah polyunsaturated, seperti omega-6 dan omega-3 fatty acid.

Tetapi asam lemak yang dominan dalam minyak zaitun adalah lemak tak jenuh tunggal yang disebut asam oleat, membentuk 73% dari total kandungan minyak.

 

Studi menunjukkan bahwa asam oleat mengurangi peradangan dan bahkan mungkin memiliki efek menguntungkan pada gen yang terkait dengan kanker. Lemak tak jenuh tunggal juga cukup tahan terhadap panas tinggi, membuat minyak zaitun extra virgin pilihan yang sehat untuk memasak.

 

Dapat diambil kesimpulan bahwa manfaat minyak zaitun kaya akan asam oleat tak jenuh tunggal. Asam lemak ini diyakini memiliki banyak efek menguntungkan dan merupakan pilihan sehat untuk memasak.

 

8.Anti Inflamasi

Manfaat minyak zaitun juga ternyata dapat menjadi anti radang alami. Minyak Zaitun Memiliki Sifat Anti-Peradangan Yang Kuat. Peradangan kronis dianggap sebagai pendorong utama penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, sindrom metabolik, diabetes tipe 2, Alzheimer, arthritis dan bahkan obesitas.

 

Minyak zaitun extra-virgin dapat mengurangi peradangan, yang mungkin merupakan salah satu alasan utama untuk manfaat kesehatannya. Efek anti-inflamasi utama dimediasi oleh antioksidan. Kunci di antara mereka adalah oleocanthal, yang telah terbukti bekerja sama dengan ibuprofen, obat anti-inflamasi.

 

Beberapa ilmuwan memperkirakan bahwa oleocanthal dalam 3,4 sendok makan (50 ml) minyak zaitun extra virgin memiliki efek yang sama seperti 10% dari dosis dewasa ibuprofen. Ada penelitian juga menunjukkan bahwa asam oleat, asam lemak utama dalam minyak zaitun, dapat mengurangi tingkat penanda inflamasi penting seperti protein C-reaktif (CRP) (2, 3).

 

Satu penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa antioksidan minyak zaitun dapat menghambat beberapa gen dan protein yang mendorong peradangan.

Dari manfaat minyak zaitun diatas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa Minyak zaitun mengandung nutrisi yang dapat melawan peradangan. Ini termasuk asam oleat serta antioksidan oleocanthal.

Baca juga

Cengkeh

Manfaat minyak ikan

9.Mencegah Stroke

Manfaat minyak zaitun dapat mencegah stroke, apakah itu benar? untuk membuktikan simak penjelasan dibawah ini.

Di negara maju, stroke adalah penyebab kematian paling umum kedua, tepat di belakang penyakit jantung. Apakah ada hubungannya antara minyak zaitun dan stroke? Kita bahas bersama.

 

Sebuah tinjauan besar studi pada 841.000 orang menemukan bahwa minyak zaitun adalah satu-satunya sumber lemak tak jenuh tunggal yang terkait dengan penurunan risiko stroke dan penyakit jantung.

 

Dalam tinjauan lain pada 140.000 peserta, mereka yang mengkonsumsi minyak zaitun berada pada risiko stroke yang jauh lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak.

 

Untuk menjawab pertanyaan di atas kita bisa ambil dari hasil penelitian berikut: Beberapa penelitian besar menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi minyak zaitun memiliki risiko stroke yang jauh lebih rendah.

 

10.Tidak Membuat Obesitas

manfaat minyak zaitun
sumber: qerja.com

Mungkin kebanyakan orang mengatakan bahwa minyak dapat menyebabkan berat badan meningkat bahkan sampai obesitas. Tetapi, tidak dengan minyak zaitun.

Dalam studi 30 bulan di lebih dari 7.000 mahasiswa Spanyol, mengkonsumsi banyak minyak zaitun tidak terkait dengan peningkatan berat badan.

 

Dapat kita ambil kesimpulan, bahwa mengkonsumsi minyak zaitun tampaknya tidak meningkatkan kemungkinan penambahan berat badan. Asupan moderat bahkan dapat membantu penurunan berat badan.

 

11.Melawan Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah kondisi neurodegeneratif yang paling umum di dunia, salah satu sebabnya adalah plak beta-amyloid di dalam sel-sel otak. Manfaat minyak zaitun dapat mengatasi penyakit ini dibuktikan dari sebuah studi pada tikus menunjukkan bahwa suatu zat dalam minyak zaitun dapat membantu menghilangkan plak ini.

 

Selain itu, penelitian pada manusia menunjukkan bahwa diet yang dilakukan orang Mediterania yang kaya akan minyak zaitun, memiliki manfaat bagi fungsi otak. Perlu diingat bahwa penelitian lebih lanjut diperlukan tentang dampak minyak zaitun pada Alzheimer.

 

12.Minyak Zaitun Mengobati Rheumatoid Arthritis

Rheumatoid arthritis adalah penyakit autoimun yang ditandai dengan sendi yang cacat dan nyeri. Meskipun penyebab pastinya tidak dipahami dengan baik, ini melibatkan sistem kekebalan Anda menyerang sel-sel normal secara tidak sengaja.

 

Manfaat Minyak zaitun tampaknya sangat baik apabila dikombinasikan dengan minyak ikan, sumber asam lemak omega-3 anti-inflamasi. Dalam satu penelitian, minyak zaitun dan minyak ikan secara signifikan meningkatkan kekuatan pegangan tangan dan nyeri sendi.

 

Jadi manfaat minyak zaitun dapat membantu mengurangi nyeri sendi dan pembengkakan dari rheumatoid arthritis. Efek menguntungkan dapat ditingkatkan apabila dikombinasikan dengan minyak ikan.

Baca juga

Manfaat lidah buaya

Manfaat kunyit

13.Manfaat Minyak Zaitun Sebagai Zat Antibakteri

manfaat minyak zaitun
Bakteri. sumber: lifestyle.kompas.com

Minyak zaitun mengandung banyak nutrisi yang dapat menghambat atau membunuh bakteri berbahaya. Salah satunya adalah Helicobacter pylori, bakteri yang hidup di perut Anda dan dapat menyebabkan sakit maag dan kanker perut.

 

Sebuah penelitian pada manusia menyarankan bahwa 30 gram minyak zaitun extra virgin, diminum setiap hari, dapat menghilangkan infeksi Helicobacter pylori pada 10-40% orang dalam waktu hanya dua minggu. Dengan mengkonsumsi minyak zaitun tersebut maka sakit maag dan kanker perut dapat dihindarkan. Referensi  no 9-13 (healthline.com)

 

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Kecantikan

manfaat minyak zaitun

Memiliki tubuh yang sehat dan cantik adalah keinginan semua orang, tidak hanya kecantikan bagi wanita pria juga ingin memiliki wajah cerah dan sehat.

Sebenarnya banyak sekali treatment dalam meningkatkan kesehatan kulit, salah satunya dengan menggunakan minyak zaitun. Manfaat minyak zaitun dipercaya dapat meningkat kesehatan kulit karena kandungan vitamin E dan antioksidan yang tinggi.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah

Manfaat bengkoang

Berikut adalah daftar manfaat minyak zaitun yang bisa kita raih jika benar bisa memanfaatkan minyak zaitun dengan benar. Apa saja? simak penjelasan berikut.

  • Manfaat minyak zaitun bagi kecantikan:
  • Mengencangkan kulit wajah
  • Menyembuhkan jerawat
  • Meningkatkan kesehatan rambut
  • Mengecilkan pori-pori wajah
  • Menghaluskan wajah
  • Mencerahkan wajah
  • Mengatasi kulit kering
  • Memerahkan bibir
  • Menghapus make up
  • menebalkan bulu mata
  • Menebalkan alis

 

Itulah beberapa manfaat minyak zaitun yang bisa kita ambil jika kita gunakan atau konsumsi dengan benar. Semoga bisa bermanfaat, jangan lupa kalian share biar teman dan keluarga kalian tahu bahwa betapa pentingnya mengkonsumsi atau menggunakan minyak zaitun sebagai obat herbal alami. Sekian dan terimakasih.

 

Tinggalkan komentar