Manfaat Minyak Ikan

Share:
  • 3
    Shares

Manfaat Minyak Ikan – Kali ini kita kan membahas tentang manfaat minyak ikan. Tapi sebelum menuju ke manfaatnya kita harus tahu terlebih dahulu tentang minyak ikan itu sendiri.

Mungkin kalian tidak asing mendengar kata minyak ikan, tetapi apakah kalian seluk beluk mengenai minyak ikan. Hal ini mungkin konyol, namun mengetahui tentang hal-hal seperti ini sangat penting untuk menambah wawasan kita. Dan jika kalian membaca dan kalian tahu, ilmu ini akan kita berikan kepada anak atau cucu kita. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas secara tuntas mengenai minyak ikan di kolom info berikut.

 

Info

Minyak ikan adalah minyak yang didapat dari ikan di laut dalam, yang dimana minyak ikan ini banyak sekali mengandung zat yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Minyak ikan dari laut dalam mengandung asam lemak Omega-3 yang sangat penting, EPA, dan DHA. Selain sudah dikenal banyak orang karena banyak manfaat kesehatannya, manfaat minyak ikan juga dikenal karena kekuatannya untuk mengurangi peradangan dan membantu menangkal efek penuaan dini.

EPA dan DHA adalah dua asam lemak paling penting yang memainkan peran sangat penting dalam perkembangan otak.

  • EPA

EPA adalah zat dalam tubuh yang disebut prostaglandin, yang dapat mengontrol pembekuan darah dan fungsi arterial lainnya. Asam lemak Omega-3 memberikan pengurangan yang signifikan pada kadar trigliserida dan meningkatkan kolesterol HDL yang baik. Yang hampir sama pentingnya adalah DHA, komponen utama jaringan otak manusia dan jaringan retina mata.

 

  • DHA

 

DHA juga melayani fungsi penting lainnya dari transmisi impuls saraf di sistem saraf. Komponen-komponen efektif ini bersama-sama memberikan efek maksimum dalam membantu memastikan kesehatan jantung, jaringan otak, sistem pencernaan, dan sistem kekebalan tubuh. Jadi minyak ikan benar-benar sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi semua orang.

Baca juga

Manfaat spirulina

Shampo metal

Selain itu, penelitian terbaru telah membuktikan bahwa minyak ikan memiliki manfaat kesehatan tambahan termasuk pengurangan risiko membentuk sebagian besar jenis kanker.

 

Kandungan:

Omega 3, 6, 9 (EPA, DHA) dan Vitamin E.
Dosis: 1 atau 2 butir x sehari (@1000 mg). SIMPAN DI TEMPAT YANG KERING di bawah 30 C, JANGAN TERKENA SINAR MATAHARI LANGSUNG.

 

Manfaat Minyak Ikan Dari Lautan Dalam

Manfaat minyak ikan
Gambar Minyak ikan. Sumber: Hellosehat.com

1.Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

Siapa sih yang ingin terbebas dari penyakit? Semua orang pasti menginginkannya. Terutama penyakit yang terjadi akibat kolesterol berlebih di dalam darah, karena penyakit ini sangat berbahaya sekali apabila dibiarkan saja. Banyak sekali faktor yang dapat menimbulkan berbagai penyakit salah satunya kolesterol jahat (LDL). Tetapi ada cara yang cukup direkomendasikan oleh berbagai peneliti yaitu dengan mengkonsumsi minyak ikan. Manfaat minyak ikan ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, karena asam lemak Omega-3 pada minyak ikan dapat mengurangi kadar trigliserida.

 

2.Mengencerkan darah yang terlalu kental

Selain mengurangi kadar trigliserida, manfaat minyak ikan juga sangat penting sekali dalam mengencerkan darah. Darah yang encer dapat memicu transfer oksigen dan nutrisi pada darah menjadi lancar serta darah yang encer dapat mengurangi resiko terkena penyakit akibat masalah darah, seperti gejala kesemutan dan sebagainya.

 

3.Mengurangi tekanan darah tinggi

Manfaat minyak ikan juga sangat penting dalam mengontrol tekanan darah. Tekanan darah yang baik dapat memicu badan lebih sehat dan juga dapat mengurangi resiko penyakit stroke dan juga serangan jantung.

Baca juga

Manfaat lidah buaya

Manfaat susu


4.Memperlancar peredaran darah

Seperti yang dijelaskan tadi, bahwa dengan darah yang encer maka peredaran darah menjadi lancar dan tanpa mengalami hambatan apapun. Dan apabila mengalami hambatan akan terjadi kesemutan, Namun, apabila hambatan ada di area jantung sangat berbahaya sekali karena dapat meningkatkan potensi serangan jantung.

 

5.Mengurangi resiko stroke dan serangan jantung

manfaat minyak ikan
Sumber: aceh.tribunnews.com

Ini ada kaitanya dengan manfaat-manfaat di atas. Penyakit stroke dan serangan jantung adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh gagalnya fungsi darah.

Penyakit stroke ini disebabkan karena adanya penyumbatan darah menuju otak, sehingga darah tidak menuju ke otak dan terjadilah stroke. Penyumbatan ini biasanya terjadi karena ada penumpukan kolesterol di pembuluh darah arteri. Sedangkan serangan jantung, biasanya terjadi karena adanya penyumbatan darah di area jantung, mulai dari penyumbatan pembuluh darah, sampai penyumbatan katup di antara bilik-bilik jantung.

 

6.Mencegah kanker

Manfaat minyak ikan menurut penelitian, juga baik dalam pencegahan kanker. Hal ini bisa dibuktikan dari kandungan DHA, dimana DHA memiliki segudang manfaat salah satunya adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Nah, sistem kekebalan tubuh inilah yang mampu mengatasi sel kanker. Sistem imun tubuh atau kekebalan tubuh ini mampu menangkal benda asing atau radikal bebas yang masuk kedalam tubuh seperti, bakteri serta sel kanker, inilah sebabnya minyak ikan dapat membantu dalam pencegahan kanker.

Baca juga

Manfaat daun afrika

Manfaat jahe merah

7.Mengoptimalkan fungsi otak (nutrisi otak)

Manfaat minyak ikan yang satu ini juga sangat baik sekali untuk kita, terutama bagi pertumbuhan dan perkembangan anak-anak. Karena proses tumbuh kembangnya seorang anak sangat baik apabila otak mereka selalu ternutrisi, salah satu nutrisinya yaitu minyak ikan. Di dalam minyak ikan mengandung Omega-3 yang sangat penting sekali untuk otak dan impuls saraf. Dengan demikian, minyak ikan sangat direkomendasikan untuk pelengkap nutrisi anak-anak, tidak hanya untuk anak-anak, untuk orang dewasa pun direkomendasikan.

 

8.Mencegah pikun ketika lansia, menghambat kematian sel otak

Memiliki kepikunan tentunya sudah sangat wajar sekali, karena semakin tua umur seseorang juga akan melemah juga fungsi otaknya. Tetapi berbeda dengan orang yang selalu menjaga kesehatannya, yaitu mereka selalu menjaga asupan makanan, olahraga teratur dan juga asupan Omega-3 pada tubuh selalu cukup. Dengan demikian, agar kita terhindar dari kepikunan, ada baiknya mengkonsumsi minyak ikan, karena manfaat minyak ikan sudah tidak diragukan lagi.

 

9.Meremajakan kulit

manfaat minyak ikan

Memiliki wajah awet muda tentunya menjadi dambaan semua orang terutama bagi wanita. Minyak ikan menjadi salah satu cara untuk mendapatkannya. Selain mengandung Omega-3, 6 dan 9, minyak ikan juga mengandung vitamin E, dimana vitamin E sangat baik dalam menjaga kesehatan kulit. Vitamin E dapat merangsang kulit agar tetap awet muda. Konsumsilah minyak ikan untuk mendapatkan manfaatnya.

 

10.Memelihara elastisitas kulit

Selain meremajakan kulit, Manfaat minyak ikan juga baik dalam meningkatkan elastisitas kulit. Vitamin E yang terkandung didalamnya membuat kulit ternutrisi dan menjadi kenyal dan elastisitas kulit meningkat.

Baca juga

Cara mengatasi insomnia

Cara mengatasi rambut rontok


11.Menjaga kesehatan tubuh agar tetap fit

Dengan semu manfaat di atas tentunya membuat tubuh kita menjadi sehat. Ditambah lagi dengan bertambahnya sistem kekebalan tubuh apabila mengkonsumsi minyak ikan. Maka tubuh akan terasa sehat karena sistem kekebalan tubuh dapat mencegah penyakit flu dan juga demam. Sehingga dengan adanya sistem kekebalan tubuh maka tubuh akan selalu fit dan segar.


12.Membantu diet

manfaat minyak ikan
sumber: qerja.com

Selain buah-buahan segar, manfaat minyak ikan juga bisa digunakan sebagai menu diet. Minyak ikan juga bermanfaat dalam mengurangi lemak jahat, karena kandungan Omega-3 yang berperan penting dalam proses tersebut. Dengan begitu, bagi kalian yang sedang menjalani diet, coba saja menambahkan minyak ikan sebagai tambahan menu diet dan juga disertai dengan pola makan yang benar dan olahraga yang cukup.

 

13.Mengeluarkan kolesterol jahat (LDL)

Kolesterol jahat pada tubuh sangat berbahaya sekali bag tubuh apabila dalam jumlah berlebihan. Jumlah kolesterol berlebih pada tubuh menyebabkan timbulnya berbagai penyakit seperti stroke dan serangan jantung.


Baca juga

Manfaat asam jawa

Manfaat buah naga untuk ibu hamil

14.Sumber kalori alami yang bagus (HDL)

Selain mengurangi kolesterol jahat, dengan mengkonsumsi minyak ikan, kandungan asam lemak Omega-3 yang didapatkan, dapat memberikan pengurangan yang signifikan pada kadar trigliserida dan meningkatkan kolesterol HDL yang baik.

 

15.Untuk Pemenuhan Nutrisi Hidup Cerdas, Sehat, Awet Muda, dan Panjang Umur

Dengan seluruh manfaat minyak ikan di atas kita bisa ambil kesimpulan. Bahwa ternyata, minyak ikan baik sekali untuk dikonsumsi serta sangat direkomendasikan sebagai nutrisi tambahan. Dengan demikian tubuh akan tetap terjaga kesehatannya dan kecerdasan pun meningkat.

 

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan berguna bagi kita semua, share artikel ini agar semua orang tahu bahwa banyak sekali manfaat dari minyak ikan. Sekian dan terimakasih.

 

Tinggalkan komentar