Manfaat Jahe Merah

Share:

Manfaat jahe merah – Kali ini kita akan membahas tentang manfaat jahe merah. Jahe adalah tanaman yang dari dulu sudah terkenal manfaatnya bisa sebagai obat herbal, bumbu maupun untuk terapi kecantikan.

Tanaman jahe ini bisa tumbuh di mana saja, bisa di dataran rendah maupun tinggi, tetapi kebanyakan tanaman ini tumbuh di dataran rendah dengan keadaan air tanah cukup. Selain itu banyak sekali kadungan didalam jahe merah, berikut penjelasannya.

Kandungan jahe:

  • Minyak atsiri
  • Oleoresin
  • Zingiberen
  • Phenol
  • Gingerol
  • Shogaol

Selain sebagai obat herbal dan bumbu, tanaman jahe ini mempunyai segudang manfaat. Simak penjelasan berikut.

Manfaat Jahe Merah Untuk Kesehatan

1.Menghangatkan tubuh

Manfaat jahe merah
Sumber: kabarokutimur.com

Manfaat jahe merah yang sangat signifikan adalah menghangatkan tubuh, senyawa Gingerol yang terkandung di dalamnya mampu menimbulkan efek pedas dan sensasi hangat ketika kita mengkonsumsi secara langsung.

Gingerol merupakan aktif senyawa yang memberikan rasa pedas dan hangat pada jahe. Biasanya senyawa ini terkandung dalam bentuk minyak berwarna kekuningan yang muncul ketika memeras atau menumbuk jahe. (referensi health.detik.com)

 

2.Meredakan rasa mual

Manfaat jahe merah
Sakit perut. Sumber: klikdokter.com

Manfaat jahe merah juga bisa meredakan rasa mual di perut, karena aromanya yang khas dan mengandung senyawa aktif, sehingga dapat meredakan rasa mual seketika. Jika masih terasa mual sebaiknya hubungi dokter.

 

3.Baik untuk sistem pencernaan

Jahe ini dapat meredakan mual, berarti ada hubungannya dengan pencernaan. Bisa diambil kesimpulan bahwa jika di konsumsi, jahe juga baik untuk lambung dan sistem pencernaan yang lainnya.

Selain itu Raymond senyawa aktif gingerol, shogaol, hexahydrocurcumin dan lainnya itu sebagai zat anti-inflamasi atau anti-peradangan, sehingga baik untuk lambung dan sistem  pencernaan lainnya.

Untuk cara pakainya kit bisa dengan makan secara langsung maupun di seduh dengan air panas.

 

4.Baik untuk otak

Manfaat jahe merah
Sumber: kisahnyat.blogspot.com

Selain mencegah peradangan pada pencernaan, menurut penelitian, jahe ini dapat mencegah peradangan pada selaput otak, sehingga fungsi otak akan meningkat dan juga dapat mencegah berbagai penyakit, salah satunya adalah meningitis.

 

5.Melegakan tenggorokan

Manfaat jahe merah ini juga salah satu yang sangat baik, senyawa yang terkandung didalamnya mampu menghangatkan tenggorokan sehingga tenggorokan menjadi lega dan nafas menjadi ringan.

Baca juga

Manfaat buaah pisang

Manfaat daun sirsak

6.Meredakan alergi

Jahe merah juga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa gatal, dengan cara menggosokkan jahe ke bagian yang terasa gatal akibat gigitan serangga, apabila itu alergi sebaiknya konsumsi secara rutin agar alergi dapat dicegah secara alami.

 

7.Dapat mengontrol tekanan darah

Manfaat jahe merah juga penting untuk peredaran darah, yakni dapat menstabilkan tekanan darah terutama bagi orang yang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi. Konsumsilah setiap pahi dengan rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

8.Meredakan sakit kepala

Manfaat jahe merah

Manfaat jahe merah untuk sakit kepala ini sudah diuji secara klinis bahwa, jahe merah sangat bermanfaat untuk meredakan sakit kepala terutama migrain. Untuk mengatasinya kita cukup sediakan satu siung jahe kemudian geprek dan seduh dengan air panas, lalu minumlah air jahe tersebut selagi masih hangat.

 

9.Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Jahe juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, hal ini berfungsi agar kita terhindar dari berbagai penyakit yang diakibatkan virus, karena virus akan dihadang oleh sistem imun tubuh ketika virus masuk kedalam tubuh kita. Sehingga kita akan lebih terjaga kesehatannya apabila sistem kekebalan tubuh kita baik.

 

10.mencegah kanker usus

Manfaat jahe merah ini juga dapat mencegah kanker usus, menurut penelitian orang yang sering mengkonsumsi jahe secara rutin kecil kemungkinan akan terkena kanker usus. Karena zat aktif pada jahe merah mampu memperbaiki setiap ada kerusakan yang terjadi.

Baca juga

Manfaat yoghurt

Manfaat buah naga

11.Merawat kesehatan rambut

Manfaat jahe merah

Mungkin dari kalian tidak tahu yah, bahwa jahe merah baik untuk rambut. Kandungan dalam jahe dapat merangsang folikel pada rambut dan juga menguatkan rambut.

Kalian bisa membuat ramuan ini dengan cara mengambil sari jahe kemudian tambahkan minyak kelapa, lalu oleskan sebagai masker rambut dan diamkan beberapa menit, sebaiknya tutup rambut kita dengan plastik khusus rambut untuk hasil yang lebih maksimal. Terakhir bilas dengan cara keramas.

 

12.Menghilangkan kuman di gigi

Jahe merah ini juga bermanfaat untuk menghilangkan kuman terutama di gigi, kalian cukup mengunyah satu potongan kecil jahe, rasanya pedas tetapi tidak apa apa nikmati saja sensasinya atau kalian juga bisa kumur-kumur dengan air seduhan jahe. Zat aktif di dalam jahe inilah yang mampu menghilangkan kuman di gigi terutama di bagian gusi.

 

13.Mencegah penuaan dini

Manfaat jahe merah untuk kulit juga sangat baik, menurut penelitian jika kita menggosokan jahe merah setidaknya 2-3 kali dalam seminggu dapat menghilangkan flek hitam atau bekas luka pada kulit. Adanya zat antioksidan yang mampu meningkatkan produksi kolagen sehingga kesehatan kulit lebih terjaga.

 

14.Mengontrol kadar gula darah

Manfaat jahe merah
sumber: doktersehat.com

Menurut penelitian, jahe juga bermanfaat dalam mengontrol kadar gula darah, hal ini disebabkan karena jahe dapat mengoptimalkan metabolisme karbohidrat dan lipid. Selain itu, jahe juga cocok untuk penderita diabetes agar terhindar dari kerusakan mata dan komplikasi lainnya.

 

15.Mengurangi rasa nyeri pada sendi (osteoarthritis)

Nyeri sendi atau kekakuan sendi akibat cedera atau penuaan dini yang sering disebut dengan osteoarthritis. Menurut masalah, ini dapat diatasi dengan mengkonsumsi ekstrak jahe merah ataupun dengan cara diurut pada bagian yang sakit, yang dimana kandungan jahe dapat meredakan nyeri sendi.

Baca juga

Manfaat teh hijau

Manfaat beras merah

16.Manfaat jahe merah dalam mengurangi nyeri haid

Menurut beberapa penelitian jahe merah bermanfaat meredakan nyeri haid. Khasiat di dalam jahe ini juga sama seperti Ibuprofen dan Asam Mefenamat. Untuk wanita yang mulaI merasakan gejala nyeri haid dianjurkan untuk meminum ekstrak jahe selama tiga hari dari awal menstruasi.

 

Membuat racikan herbal jahe atau minuman jahe

Kalian bisa mendapatkan jahe merah di pasar tradisional atau pasar swalayan tergantung kalian, kalau pilih yang lebih murah sebaiknya datang ke pasar saja. Kalian cukup membeli lima ribu rupiah saja itu juga cukup untuk 2-3 hari pemakaian.

minuman jahe merah
Sumber: Blitar.com

Cara pengolahan:

  1. Iris jahe sebesar kelingking atau ibu jari
  2. Tumbuk beberapa kali saja, jangan sampai hancur.
  3. Siapkan air panas
  4. Kemudian masukan jahe ke dalam gelas berisi air panas
  5. Tunggu sampai sari jahe keluar.
  6. Lalu saring untuk mengambil air jahenya saja.
  7. Siap dihidangkan

Kalian juga bisa menambahkan gula atau juga tambahkan susu kental manis untuk menambah rasa manis.

Selain dengan diseduh, olahan dari jahe juga sudah sangat banyak sekali salah satunya yang populer adalah biskuit jahe. Biasanya kue ini disajikan ketika ada hari-hari besar salah satunya pada Hari Natal.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi kalian. Kalian juga bisa SHARE artikel ini agar teman dan keluarga kalian tahu bahwa banyak sekali manfaat jahe merah untuk kesehatan.

TERIMAKASIH

Tinggalkan komentar