Manfaat Daun Pandan

Share:

Kali ini saya akan membahas tentang manfaat daun pandan. Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu manfaat daun pandan ini, atau mungkin belum tahu sama sekali. Sebelum kita bahas manfaatnya ada baiknya kita tahu dulu apa itu daun pandan.

Daun pandan adalah tanaman monokotil dari genus Pandanus, pandan ini sering tumbuh di pesisir pantai tropis. Tumbuhan dengan nama latin Pandanus amaryllifolius Roxb ini memiliki ciri daun berwarna hijau memanjang dan bergerigi di bagian tepinya. Daun pandan ini memiliki panjang 30 sampai 5 meter tergantung jenisnya, bahkan di papua tanaman pandan bisa mencapai 15 meter tingginya, wow!.

Daun pandan ini memiliki aroma yang khas, sehingga sering digunakan sebagai pengharum makanan tertentu. Daun pandan ini juga sering kita gunakan sebagai pengharum ketika kita menanak nasi di rumah. Selain itu, tidak sedikit juga yang memanfaatkan daun pandan sebagai tanaman hias di halaman rumah atau di dalam rumah.

Banyak yang tidak tahu bahwa pandan memiliki lebih dari 600 jenis yang tersebar di seluruh dunia, diantaranya adalah: pandan wangi, pandan laut, pandan hias, pandan duri, pandan buah merah papua, pandan melintir, pandan putih, pandan afrika, pandan bali pandan surabaya, pandan laut belang dan masih banyak lagi.

Nah, kali ini kita akan bahas mengenai manfaat daun pandan, selain dijadikan pengharum, pewarna dan tanaman hias, daun pandan juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Simak penjelasan berikut.

Manfaat daun pandan untuk kesehatan tubuh

1.Obat rematik

manfaat daun pandan
Sumber: klikdokter.com

Daun pandan juga bermanfaat sebagai obat rematik. Rematik adalah penyakit yang umumnya diderita orang yang sudah lanjut usia. Rematik memiliki gejala rasa nyeri atau sakit di bagian otot tangan, kaki atau bagian tubuh lainnya.

Ramuan daun pandan untuk obat rematik yaitu dengan cara mencampurkan seduhan daun pandan dan dengan mencampurkan minyak kelapa panas, tunggu hingga dingin lalu jadikan sebagai obat urut atau gosok.

 

2.Obat pegal linu

Sama dengan obat rematik pandan juga dapat digunakan sebagai obat nyeri, sebenarnya cara diatas dapat digunakan juga, karena gejala rematik juga nyeri pada otot dan pegal-pegal.

Baca juga

Manfaat daun seledri

Manfaat jehe merah

3.Obat saraf

Daun pandan ini juga bisa dijadikan sebagai obat saraf dengan cara meminum seduhan daun pandan.  Dengan cara sebagai berikut.

Siapkan 3 helai daun pandan lalu cuci hingga bersih, terakhir potong-potong dan seduh dengan air panas atau rebus daun pandan dengan air. Setelah keluar sari-sarinya tunggu sampai dingin. Minumlah ramuan tersebut 2 atau 3 kali sehari.

 

4.Menurunkan kadar gula darah

manfaat daun pandan
sumber: doktersehat.com

Menurut penelitian ekstrak daun pandan mampu mengurangi kadar gula darah, karena ekstrak daun pandan mampu mendorong produksi insulin di pankreas. Dengan adanya hal ini ekstrak daun pandan dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Manfaat dan khasiat daun pandan yang satu ini tentunya sangat baik bagi penderita diabetes.

 

5.Mencegah kanker

Ekstrak pandan ini memiliki efek sitotoksik, antimitotik dan apoptosis, yang dimana efek ini dapat mencegah atau menghentikan pertumbuhan sel kanker.

 

6.Mengontrol darah tinggi

Kandungan aktif di dalam daun pandan mampu mengontrol tekanan darah, bagi penderita hipertensi, ramuan daun pandan ini juga dapat mengurangi gejala-gejala tekanan darah tinggi.

Baca juga

Manfaat beras merah

Khasiat daun kelor

7.Menetralkan racun

Kandungan anti racun yang ada dalam pandan bermanfaat untuk detoksifikasi terutama pada organ hati. Sehingga daun pandan ini mampu melepaskan racun di dalam tubuh.

 

8.Mengatasi sembelit

Sembelit adalah gejala akibat kurangnya kadar air atau cairan dalam tubuh, sehingga jika meminum ramuan pandan atau dengan membuat teh pandan dapat mengurangi gejala sembelit.

Baca juga

Manfaat yoghurt

Manfaat buah nanas tuntaskan sembelit

9.Meningkatkan nafsu makan

Ini baik sekali untuk ibu setelah melahirkan, dengan meminum ramuan teh pandan maka nafsu makan akan bertambah.  Selain untuk ibu hamil, ramuan ini juga sangat cocok untuk anak-anak yang susah makan. Coba berikan ramuan daun pandan ini kepada anak agar nafsu makan mereka bisa meningkat dan nutrisi dapat tercukupi,

 

10.Menurunkan demam

Daun pandan juga bermanfaat untuk menurunkan demam tidak hanya air kelapa saja. air rebusan pandan juga dapat meredakan demam.

 

11.Menghilangkan ketombe

Sumber: muslimah.co.id

Dengan membilas rambut dengan air pandan dapat mengurangi rambut rontok dan ketombe. Dengan meminum ramuan daun pandan, kita bisa terhindar beberapa penyakit yang sudah saya sebutkan diatas. saya tidak perlu menjelaskan semuanya karena kalian cukup meminum ramuan daun pandan saja agar mendapatkan khasiatnya.

 

Tidak hanya hanya bermanfaat untuk kesehatan saja, manfaat daun pandan juga sangat baik dalam kehidupan sehari-hari.

Berikut adalah beberapa kegunaan daun pandan dalam kehidupan sehari-hari.

1.Sebagai Bumbu

Manfaat daun pandan ini adalah yang paling banyak orang ketahui, karena daun pandan sejak dulu sudah digunakan sebagai pengharum masakan seperti nasi, bubur kacang hijau, atau makanan-makanan tradisional yang ada di indonesia.

 

2.Pengusir serangga

Daun pandan ini juga bisa digunakan untuk pembasmi serangga terutama pada kecoa. Seorang sopir dari malaysia dan singapura menggantungkan daun pandan di taksi yang ia kemudikan untuk mencegah perkembangbiakkan kecoa. Karena pandan mengandung 2-asetil-1-pirolin (2AP).

 

3.Pengharum ruangan

Kalian cukup ambil satu helai daun pandan, kemudian gantungkan di kamar kalian atau kalian taruh di dekat kipas angin atau AC agar aromanya bisa tersebar.

 

4.Pewarna makanan alami

Daun pandan ini juga sering dijadikan pewarna makanan, terutama pada makanan tradisional seperti kue klepon, serabi, bolu kukus dan masih banyak lagi inovasi makanan dari campuran pandan lainnya.

 

5.Perasa makanan

Manfaat daun pandan juga banyak dimanfaatkan sebagai campuran bahan makanan. Banyak sekali makanan yang bisa kita olah dengan aroma dan rasa pandan, seperti kue pandan, roti pandan, selai pandan dan masih banyak lagi.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat, share kepada teman-teman kalian dan keluarga kalian agar semua tahu bahwa begitu besar manfaat daun pandan.

Terimakasih

Tinggalkan komentar