Manfaat Daun Bidara

Share:
  • 1
    Share

Kali ini kita akan membahas tentang manfaat daun bidara. Daun bidara ini sudah sejak lama dipercaya sebagai tanaman yang sangat bermanfaat. Tanaman ini juga tercantum dalam Al-Quran. Tanaman ini sebenarnya adalah tanaman liar yang bisa tumbuh dimana saja, biasanya tumbuh di kebun-kebun dan tanah kosong, namun belakangan ini daun bidara sudah di kembangbiakan bahkan sudah diperjual belikan.

Daun bidara ini memiliki banyak sekali kandungan yang baik di dalamnya. Dengan begitu, masyarakat sekarang sudah mulai mengembang biakan tanaman ini untuk obat herbal alternatif di rumah. Karena kandungan tersebut dapat mengatasi berbagai hal, bahkan hal-hal mistis sekalipun. Untuk tahu selengkapnya mengenai manfaat daun bidara simak penjelasan berikut.

 

Manfaat daun bidara

 

1.Daun bidara dapat mengusir jin

Sebagian dari kalian mungkin tidak percaya akan hal ini, sangat terdengar tidak mungkin. Namun ada beberapa orang mengatakan bahkan ustad menyatakan bahwa daun bidara ampuh dalam mengatasi jin. Sejak jaman dulu pun daun bidara dipercaya untuk mengatasi gangguan jin.

Daun bidara ini biasanya digunakan pada saat meruqyah orang yang memiliki gangguan jin. Cara yang paling umum adalah memasukan daun bidara kedalam segelas air. Dan setelah itu, biasanya ustad atau orang yang meruqyah membacakan doa islami khusus kepada pasien untuk mengusir jin. Lalu menciprat-cipratkan air tersebut atau meminumnya agar jin dalam tubuh pasien dapat keluar.

Ada juga tanda-tanda jin ketika keluar, biasanya pasien akan mengalami muntah-muntah. Sebaiknya jangan sembarangan melakukan cara ini, lebih baik undang ustadz yang pandai meruqyah seseorang, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca juga

Manfaat kunyit putih

Manfaat jahe merah

2.Untuk memandikan jenazah

Manfaat daun bidara yang satu ini mungkin jarang orang yang tahu, tetapi sebenarnya memanfaatkan daun bidara untuk memandikan jenazah sudah sejak jaman nabi. Bukan tanpa alasan memandikan jenazah dengan mencampurkan daun bidara, daun bidara dipercaya memiliki kandungan zat baik yang dapat memberikan aroma wangi pada jenazah.

 

Manfaat daun bidara untuk kesehatan

Manfaat daun bidara
Pusing dan stres. sumber: klik.dokter.com

1.Menghilangkan depresi

Semakin maju perkembangan zaman saat ini, juga semakin tinggi tanggung jawab kita terhadap dampak-dampak yang timbul. Di era seperti sekarang ini sudah banyak sekali orang kehilangan kontrol dalam menghadapi masalah, masalah sepele saja bisa menjadi masalah besar bahkan dapat menimbulkan korban jiwa.

Kita sebagai manusia harus tetap mengontrol emosi kita jika tidak bisa mengakibatkan stres dan depresi. Depresi ini bisa berbahaya apabila dibiarkan begitu saja. Tetapi jangan khawatir ada solusi herbal untuk mengatasi stres dan depresi, yaitu menggunakan daun bidara.

Mengkonsumsi sari daun bidara dapat menimbulkan efek rileks pada tubuh dan pikiran karena mengandung zat anti depresan dan zat aktif lainnya. Konsumsilah sari daun bidara secara rutin agar stres dan depresi dapat teratasi.

 

2.Meningkatkan imunitas tubuh

Di era milenial ini semakin banyak kendaraan yang berlalu lalang, hal tersebut dapat meningkatkan polusi udara. Polusi udara ini sangat berbahaya bagi kesehatan, apalagi asap kendaraan karena asap kendaraan itu mengandung karbon monoksida yang sangat berbahaya bagi kesehatan paru-paru.

Namun untuk mengatasi hal tersebut kita juga bisa menggunakan bahan herbal salah satunya daun bidara ini. Daun bidara ini mampu menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh termasuk polusi. Dengan mengkonsumsi daun bidara secara rutin maka sistem imunitas tubuh meningkat dan radikal bebas dapat dicegah.

 

3.Mencegah diabetes

Manfaat daun bidara juga cukup baik dalam mengatasi diabetes. Penyakit diabetes ini bisa diderita oleh semua kalangan namun umumnya diderita oleh orang dewasa. Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada baiknya kita gunakan saja bahan herbal salah satunya daun bidara ini. Dengan mengkonsumsi sari daun bidara ini secara rutin maka kadar gula darah dapat diturunkan dan terhindar dari diabetes.

Baca juga

Manfaat green tea

Khasiat daun kelor

4.Sehat untuk lambung

Daun bidara ini ternyata sangat baik sekali untuk mengatasi lambung. kandungan aktif didalamnya mampu mengatsi berbagai masalh lambung seperti sakit maag, sam lambung dan bahkan mencegah kanker. Untuk mendapatkan manfaatnya cukup rutin konsumsi daun bidara dengan cara meminum sari daun bidara atau dalam bentuk kapsul.

 

5.Meningkatkan nafsu makan

Manfaat daun bidara
sumber: prelo.co.id

Tidak hanya mengatasi lambung saja ekstrak daun bidara juga dapat meningkatkan nafsu makan terutama bagi anak yang susah makan. Dianjurkan untuk mengkonsumsi kapsul daun bidara agar nafsu makan dapat meningkat.

Baca juga

Manfaat daun seledri

Manfaat daun pandan

Manfaat air kelapa

6.Mencegah tumor dan kanker

Kanker dan tumor ini adalah salah satu masalah yang cukup serius, apabila dibiarkan saja bisa sangat berbahaya. Namun ada solusi agar kita terbebas dari tumor dan sel kanker yaitu dengan mengkonsumsi daun bidara. Konsumsilah daun ini secara rutin agar kanker dan tumor dapat dicegah sejak dini.

 

Manfaat daun bidara untuk masalah kewanitaan

 

1.Mengatasi haid yang tidak lancar

Bagi setiap wanita masalah haid tidak akan pernah lepas, karena memang sudah menjadi takdirnya untuk mengalami haid. Namun tidak semua wanita memiliki siklus haid yang teratur. Ada sebagian wanita yang kurang beruntung dengan siklus haid mereka. Padahal siklus haid ini juga menjadi salah satu kunci kesehatan bagi wanita terutama pada masalah kewanitaan seperti ketika ingin mendapatkan anak atau momongan. Namun jangan khawatir ada solusi herbal, yaitu mengkonsumsi daun bidara. Konsumsi secara rutin agar siklus haid menjadi lancar.

Manfaat daun bidara

2.Hilangkan bau tak sedap ketika sedang haid

Haid adalah sebuah fase yang harus dialami wanita ketika dirinya sudah pubertas dan belum mengalami masa menopause. Haid adalah kondisi dimana dinding rahim runtuh dan akhirnya menjadi pendarahan dan darah yang keluar dari vagina tersebut dinamakan darah haid. Haid yang normal datang setiap satu bulan sekali. Tetapi haid juga menimbulkan gejala yang kurang enak yaitu bau tidak sedap. Bau tidak sedap memang sangat mengganggu sekali. Namun ada solusi herbal yaitu menggunakan daun bidara.

 

Manfaat daun bidara untuk kecantikan

 

1.Mengatasi jerawat

Manfaat daun bidara
Jerawat. netcyber.com

Manfaat daun bidara yang satu ini mungkin banyak yang mendambakan ya, karena gangguan kulit ini sangat mengganggu penampilan dan mengurangi kepercayaan diri kita. Untuk mengatasi hal tersebut daun bidara salah satu solusi yang cocok untuk atasi jerawat. Gunakan daun bidara sebagai masker dan tambahkan madu sebagai zat antioksidan. Dengan menggunakan masker ini secara rutin maka jerawat akan hilang secara perlahan.

Baca juga

Manfaat jeruk nipis atasi masalah kulit

2.Mengatasi rambut rontok

Manfaat daun bidara

Rambut rontok mungkin terdengar sepele namun jika dibiarkan saja bisa menyebabkan kebotakan. Maka dari itu untuk mengatasi rambut rontok tersebut, kita bisa gunakan daun bidara sebagai shampo. Kandungan vitamin E pada daun bidara sangat baik sekali untuk menyehatkan rambut terutama kulit rambut agar rambut semakin kuat dan tidak mudah rontok.

Baca juga

Manfaat minyak kemiri untuk rambut

3.Mempercantik wajah

Memiliki wajah cantik sehat dan bersih pasti sudah menjadi keinginan setiap wanita. Dengan maraknya bahan-bahan kimia pembersih wajah membuat kulit kita semakin parah. Untuk antisipasi hal tersebut apa salahnya untuk mencoba bahan herbal yang satu ini yaitu menggunakan daun bidara sebagai masker. Menggunakan daun bidara sebagai masker mampu mengatasi berbagai masalah kulit seperti kulit kering, mengencangkan kulit dan memberikan kecerahan terhadap wajah. Untuk mendapatkan manfaatnya tentunya harus secara rutin menggunakannya.

 

Mungkin itu saja yang saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua. SHARE artikel ini kepada teman dan keluarga kalian agar semua tahu bahwa banyak sekali manfaat daun bidara yang bisa kita ambil. Sekian terimakasih.

Tinggalkan komentar