Manfaat Cengkeh

Share:

Cengkeh – Kali ini kita akan membahas tentang manfaat cengkeh untuk kesehatan dan juga dalam kehidupan sehari-hari. Anda mungkin tahu rempah yang satu ini adalah salah satu bahan utama dalam roti gingerbread, penghias kue nastar dan atau bumbu pokok dalam masakan India.

Selain rasa manis, aromatik, rempah ini juga dikenal karena khasiatnya yang manjur. Bahkan, penelitian pada hewan (percobaan) telah menemukan bahwa senyawa didalam rempah ini mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan, termasuk mendukung kesehatan hati dan membantu menstabilkan kadar gula darah.

 

Manfaat Cengkeh yang Bisa Kita Ambil

1.Mengandung Nutrisi Penting

Rempah yang satu ini mengandung serat, vitamin dan mineral, jadi menggunakan cengkeh utuh atau tanah untuk menambah rasa pada makanan Anda dapat memberikan beberapa nutrisi penting.

Satu sendok teh (2 gram) cengkeh tanah mengandung (4):

  • Kalori: 21
  • Karbohidrat: 1 gram
  • Serat: 1 gram
  • Mangan: 30% dari RDI
  • Vitamin K: 4% dari RDI
  • Vitamin C: 3% dari RDI

 

Serat dapat membantu mencegah sembelit dan meningkatkan keteraturan buang air besar, vitamin C dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda dan vitamin K adalah nutrisi penting untuk pembekuan darah.

Sementara itu, mangan adalah mineral penting untuk menjaga fungsi otak dan membangun tulang yang kuat.
Selain nutrisi yang tercantum di atas, cengkeh tanah mengandung kalsium, magnesium, dan vitamin E dalam jumlah sedikit .

 

RINGKASAN:
Rempah ini rendah kalori dan menyediakan beberapa serat, mangan, vitamin K dan vitamin C.

Baca juga

Cara menurunkan berat badan

Cara mengatasi insomnia

2.Tinggi Antioksidan

Selain mengandung beberapa vitamin dan mineral penting, rempah ini juga kaya akan antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang mengurangi stres oksidatif, yang dapat berkontribusi pada perkembangan penyakit kronis.

 

Cengkeh juga mengandung senyawa yang disebut eugenol, yang telah terbukti bertindak sebagai antioksidan alami. Bahkan, sebuah penelitian tabung-tabung menemukan bahwa eugenol menghentikan kerusakan oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas lima kali lebih efektif daripada vitamin E, antioksidan lain yang poten. Selain eugenol, cengkeh tanah mengandung vitamin C.


Vitamin C bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh Anda dan membantu menetralisir radikal bebas, yang merupakan senyawa yang dapat menumpuk dan menyebabkan stres oksidatif berbahaya.
Memasukkan cengkeh dalam makanan Anda bersama dengan makanan kaya antioksidan lainnya dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

RINGKASAN:
Cengkeh mengandung antioksidan tinggi, termasuk eugenol dan vitamin C, keduanya dapat membantu mengurangi stres oksidatif.

 

3.Melindungi Tubuh Terhadap Kanker

cengkeh
sumber: prelo.co.id

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam rempah inii dapat membantu melindungi terhadap kanker. Satu penelitian uji tabung menemukan bahwa ekstrak rempah ini membantu menghentikan pertumbuhan tumor dan meningkatkan kematian sel dalam sel kanker.

Penelitian tabung-uji lain memiliki hasil yang serupa, menunjukkan bahwa jumlah minyak cengkeh yang terkonsentrasi menyebabkan kematian sel pada 80% sel-sel kanker kerongkongan.

Eugenol yang ditemukan dalam cengkeh juga telah terbukti memiliki sifat anti kanker. Sebuah penelitian tabung-tabung menemukan bahwa eugenol secara efektif meningkatkan kematian sel pada sel kanker serviks. Namun, perlu diingat bahwa penelitian tabung-tabung ini menggunakan jumlah ekstrak cengkeh, minyak cengkeh, dan eugenol yang sangat terkonsentrasi.

Eugenol bersifat toksik dalam jumlah tinggi dan kelebihan dosis minyak cengkeh dapat menyebabkan kerusakan hati, terutama pada anak-anak. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana jumlah yang lebih rendah dapat mempengaruhi manusia .

RINGKASAN:
Penelitian tabung reaksi menunjukkan bahwa senyawa dalam rempah ini dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker dan meningkatkan kematian sel kanker. Lebih banyak lagi penelitian diperlukan untuk mengkonfirmasi efek ini pada manusia.

 

4.Membunuh Bakteri

Rempah yang satu ini telah terbukti memiliki sifat antimikroba, yang berarti mereka dapat membantu menghentikan pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri.

Satu penelitian uji tabung menunjukkan bahwa minyak atsiri cengkeh efektif membunuh tiga jenis bakteri yang umum, termasuk E. coli, strain bakteri yang dapat menyebabkan kram, diare, kelelahan dan bahkan kematian.

Terlebih lagi, sifat antibakteri pada rempah ini bahkan dapat membantu meningkatkan kesehatan mulut. Dalam satu studi tabung-uji, senyawa yang diekstraksi dari rempah ini ditemukan untuk menghentikan pertumbuhan dua jenis bakteri yang berkontribusi terhadap penyakit gusi.

Studi lain pada 40 orang menguji efek obat kumur herbal yang terdiri dari minyak pohon teh, cengkeh dan basil. Setelah menggunakan obat kumur herbal selama 21 hari, mereka menunjukkan perbaikan dalam kesehatan gusi, serta jumlah plak dan bakteri di mulut. Dalam kombinasi dengan penyisiran rutin dan kebersihan mulut yang tepat, efek antibakteri pada rempah ini dapat bermanfaat bagi kesehatan mulut Anda.

RINGKASAN:
Studi menunjukkan bahwa cengkeh dapat meningkatkan kesehatan mulut, berkat sifat antimikroba mereka, yang dapat membantu membunuh bakteri berbahaya.

Baca juga

Manfaat minyak ikan

Manfaat beras hitam

5.Meningkatkan Kesehatan Hati

Studi menunjukkan bahwa senyawa bermanfaat dalam rempah ini dapat membantu meningkatkan kesehatan hati.

Senyawa eugenol dapat sangat bermanfaat untuk hati. Satu penelitian hewan memberi makan tikus dengan campuran penyakit hati berlemak yang mengandung minyak cengkeh atau eugenol. Kedua campuran meningkatkan fungsi hati, mengurangi peradangan dan mengurangi stres oksidatif.

Penelitian pada hewan lain menunjukkan bahwa eugenol yang ditemukan dalam rempah ini membantu membalikkan tanda-tanda sirosis hati, atau jaringan parut pada hati. Sayangnya, penelitian tentang efek melindungi hati cengkeh dan eugenol pada manusia terbatas.

Namun, satu studi kecil menemukan bahwa mengkonsumsi suplemen eugenol selama satu minggu menurunkan kadar GST, enzim yang terlibat dalam detoksifikasi yang sering menjadi penanda penyakit hati.

Rempah yang satu ini juga tinggi antioksidan, yang dapat membantu mencegah penyakit hati karena kemampuan mereka untuk membantu mengurangi stres oksidatif.

Namun demikian, perlu diingat bahwa eugenol beracun dalam jumlah tinggi. Satu studi kasus pada anak laki-laki berusia 2 tahun menunjukkan bahwa 5 hingga 10 ml minyak rempah ini dapat menyebabkan kerusakan hati yang serius.

RINGKASAN:
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rempah yang satu ini dan senyawa yang dikandungnya dapat membantu mengurangi stres oksidatif dan melindungi hati.

 

6.Membantu Mengatur Gula Darah

Penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam cengkeh dapat membantu mengendalikan gula darah.
Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa ekstrak cengkeh membantu meningkatkan kadar gula darah pada tikus yang mengalami diabetes diabetes.

Test-tube dan studi hewan lain mengamati efek ekstrak cengkeh dan nigericin, senyawa yang ditemukan di cengkeh, baik pada sel otot manusia maupun pada tikus diabetes.

Cengkeh dan nigericin ditemukan untuk meningkatkan penyerapan gula dari darah ke sel, meningkatkan sekresi insulin dan meningkatkan fungsi sel-sel yang menghasilkan insulin.

Insulin adalah hormon yang bertanggung jawab untuk mengangkut gula dari darah Anda ke sel-sel Anda. Fungsi insulin yang tepat sangat penting untuk menjaga kadar gula darah tetap.

Dalam kombinasi dengan diet seimbang, cengkeh bisa membantu menjaga kadar gula darah Anda.

RINGKASAN:
Uji tabung dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa senyawa dalam rempah ini dapat membantu meningkatkan produksi insulin dan menurunkan gula darah.

Baca juga

Manfaat lidah buaya

Manfaat susu

7.Tingkatkan Kesehatan Tulang

cengkeh
Tulang sehat, sumber: cathaycrug.ph

Massa tulang yang rendah adalah suatu kondisi yang mempengaruhi sekitar 43 juta orang dewasa yang lebih tua di AS saja. Ini dapat menyebabkan perkembangan osteoporosis, yang dapat meningkatkan risiko patah tulang dan patah tulang.

Beberapa senyawa dalam rempah ini telah terbukti membantu melestarikan massa tulang dalam penelitian pada hewan. Sebagai contoh, sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa ekstrak cengkeh yang tinggi dalam eugenol memperbaiki beberapa penanda osteoporosis dan meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang (30).

Cengkeh juga kaya mangan, memberikan 30% dari jumlah yang disarankan harian hanya dalam 1 sendok teh (2 gram) cengkeh tanah (4). Mangan adalah mineral yang terlibat dalam pembentukan tulang dan sangat penting bagi kesehatan tulang.

Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa mengkonsumsi suplemen mangan selama 12 minggu meningkatkan kepadatan mineral tulang dan pertumbuhan tulang (31).

Namun, penelitian saat ini tentang efek rempah ini pada massa tulang sebagian besar terbatas pada hewan dan penelitian tabung. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan bagaimana hal itu dapat mempengaruhi pembentukan tulang pada manusia.

RINGKASAN:
Penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak cengkeh dan mangan dapat membantu meningkatkan kepadatan mineral tulang. Lebih banyak penelitian diperlukan untuk mengkonfirmasi efek ini.

 

8.Dapat Mengurangi Perut Ulkus

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam rempah ini bisa membantu mengobati sakit maag. Juga dikenal sebagai tukak lambung, ulkus lambung adalah luka yang menyakitkan yang terbentuk di lapisan lambung, duodenum atau esofagus.

Mereka paling sering disebabkan oleh pengurangan lapisan pelindung lambung yang disebabkan oleh faktor-faktor seperti stres, infeksi dan genetika. Dalam satu penelitian pada hewan, minyak esensial dari rempah ini ditunjukkan untuk meningkatkan produksi lendir lambung.

Lendir lambung berfungsi sebagai penghalang dan membantu mencegah erosi pada lapisan lambung dari asam pencernaan. Penelitian hewan lain menemukan bahwa ekstrak cengkeh membantu mengobati sakit maag dan memiliki efek yang mirip dengan beberapa obat anti ulkus (35).

Meskipun efek anti-ulkus dari cengkeh dan senyawanya mungkin menjanjikan, penelitian lebih lanjut diperlukan pada efeknya pada manusia.

RINGKASAN:
Beberapa penelitian pada hewan menunjukkan bahwa ekstrak rempah ini dan minyak cengkeh dapat meningkatkan produksi lendir lambung dan membantu melindungi terhadap ulkus lambung, Lebih banyak penelitian lagi pada manusia yang diperlukan.

Baca juga

vaseline

Manfaat daun pandan


Penting!

Rempah yang satu ini memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk menjaga kadar gula darah dan membantu menghambat pertumbuhan bakteri.

Seperti banyak makanan sehat, mereka paling efektif ketika dimasukkan sebagai bagian dari diet yang sehat dan seimbang. Cobalah mengintegrasikan beberapa porsi cengkeh per minggu ke dalam makanan Anda. Ada berbagai pilihan rempah di indonesia.

Anda dapat dengan mudah memasukkan cengkeh tanah ke dalam banyak hidangan. Mereka akan menghadirkan rasa yang hangat dan khas pada makanan penutup, kari, atau chutney.
Anda juga dapat memanaskan cengkeh utuh dalam air mendidih selama 5–10 menit untuk membuat secangkir teh cengkeh yang menenangkan.

Sumber referensi:

8 Surprising Health Benefits of Cloves
Written by Rachael Link, MS, RD on August 26, 2017
Cloves are the flower buds of the clove tree, an evergreen also known as Syzygium aromaticum (healtline)

Itulah beberapa manfaat dari rempah yang bisa kami sajikan, semoga bermanfaat. Kalian juga bisa share artikel ini agar semua orang tahu betapa banyaknya manfaat cengkeh

Tinggalkan komentar