Cara Mengatasi Insomnia

Share:
  • 1
    Share

Cara Mengatasi Insomnia – Kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi insomnia, untuk lebih jelasnya simak terlebih dahulu penjelasan dibawah ini.

Insomnia adalah gangguan atau masalah susah tidur. Anda harus mencari bantuan jika insomnia Anda telah menjadi kebiasaan, atau jika Anda sering merasa lelah atau tidak segar di siang hari dan itu mengganggu kehidupan sehari-hari Anda. Banyak orang mengalami kesulitan tidur sebentar (misalnya, beberapa hari setelah memulai pekerjaan baru), tetapi jika insomnia berlangsung lebih lama atau telah menjadi kejadian biasa, Anda harus meminta bantuan.

 

Cara mengatasi Insomnia

Mulailah dengan menelepon dokter perawatan primer Anda atau membicarakan topik tidur di kunjungan Anda selanjutnya jika Anda memiliki jadwal yang dijadwalkan. Jika dokter Anda memiliki pengetahuan tentang gangguan tidur, ia akan memandu Anda melalui langkah-langkah berikutnya, yang mungkin melibatkan penilaian dan pengujian lebih lanjut, atau rujukan ke spesialis tidur. Dokter Anda mungkin juga mulai dengan memberi Anda beberapa informasi dasar dan sumber daya tentang kebiasaan tidur yang sehat — kiat perilaku ini dapat membantu orang-orang tertentu dengan insomnia — atau mendiskusikan opsi perawatan medis potensial untuk dipertimbangkan. Dokter Anda dapat merujuk Anda ke psikoterapis jika perjuangan tidur Anda tampaknya terkait dengan kecemasan, depresi, atau penyesuaian hidup yang besar.

Perawatan Non-Medis (Kognitif & Perilaku) untuk Insomnia

Cara mengatasi Insomnia
Sumber: psypst.com

Ada teknik psikologis dan perilaku yang dapat membantu untuk mengobati insomnia. Latihan relaksasi, kontrol stimulus, pembatasan tidur, dan terapi perilaku kognitif adalah beberapa contoh.

Beberapa teknik ini dapat diajar sendiri, sementara untuk yang lain lebih baik untuk meminta bantuan seorang terapis atau spesialis tidur.

 

Latihan relaksasi atau relaksasi otot progresif

Cara mengatasi insomnia ini juga cukup efektif, dengan mengajarkan orang untuk secara sistematis mengencangkan dan mengendurkan otot di berbagai area tubuh. Ini membantu menenangkan tubuh dan mendorong tidur. Teknik relaksasi lain yang membantu banyak orang tidur melibatkan latihan pernapasan, kesadaran, teknik meditasi, dan imajinasi yang dipandu. Banyak orang mendengarkan rekaman audio untuk memandu mereka dalam mempelajari teknik-teknik ini. Mereka dapat bekerja untuk membantu Anda tertidur dan juga kembali tidur di tengah malam.

 

Kontrol stimulus

Kontrol stimulus membantu membangun hubungan antara kamar tidur dan tidur dengan membatasi jenis kegiatan yang diperbolehkan di kamar tidur. Contoh kontrol stimulus akan tidur hanya ketika Anda mengantuk, dan bangun dari tempat tidur jika Anda sudah bangun selama 20 menit atau lebih. Ini membantu memutus hubungan yang tidak sehat antara kamar tidur dan terjaga. Pembatasan tidur melibatkan jadwal waktu tidur dan bangun yang ketat dan membatasi waktu di tempat tidur hanya ketika seseorang sedang tidur.

 

Terapi perilaku kognitif (CBT)

Terapi perilaku kognitif termasuk perubahan perilaku (seperti menjaga waktu tidur dan bangun tidur, bangun dari tempat tidur setelah bangun selama 20 menit atau lebih, dan menghilangkan tidur siang) tetapi menambah komponen kognitif atau “berpikir”. CBT bekerja untuk menantang keyakinan yang tidak sehat dan ketakutan di sekitar tidur dan mengajarkan pemikiran yang rasional dan positif. Ada banyak penelitian yang mendukung penggunaan CBT untuk insomnia. Misalnya, dalam satu penelitian, pasien dengan insomnia menghadiri satu sesi CBT melalui internet per minggu selama 6 minggu. Setelah perawatan, orang-orang ini telah meningkatkan kualitas tidur.

Baca juga

Manfaat pepaya

Manfaat jeruk nipis

Manfaat yoghurt

Perawatan Medis untuk Insomnia

Ada banyak jenis alat bantu tidur untuk insomnia, termasuk obat yang dijual bebas (non-resep) dan resep.

Menentukan obat mana yang tepat untuk Anda tergantung pada gejala insomnia dan banyak faktor kesehatan yang berbeda. Inilah sebabnya mengapa penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil bantuan tidur.

Kelas utama obat resep insomnia termasuk hipnotik benzodiazepine, non-benzodiazepine hipnotik, dan agonis reseptor melatonin.

Baca juga

Manfaat buah sirsak

Manfaat asam jawa

Manfaat tomat

Obat alternatif

Ada obat-obatan alternatif yang dapat membantu orang-orang untuk tidur nyenyak. Penting untuk mengetahui bahwa produk ini tidak diperlukan untuk melewati tes keamanan yang sama seperti obat, sehingga efek samping dan keefektifannya tidak dipahami dengan baik. (referensi sleepfoundation.org)

 

Ada juga cara sederhana untuk mengatasi insomnia

1.Hindari mengkonsumsi kopi

Cara mengatasi Insomnia

Cara mengatasi insomnia yang pertama ini cukup sederhana, namun bagi pecinta kopi mungkin susah untuk menghindarinya. Dengan begitu, kita harus selalu berusaha untuk mengurangi kopi agar terhindar dari insomnia atau susah tidur.

Mengapa demikian? Karena di dalam kopi, memiliki kandungan yang bernama kafein, dimana kafein ini dapat meningkatkan detak jantung dan membuat kita tidak mudah mengantuk. Dengan tidak mengkonsumsi kopi, maka detak jantung akan lebih rileks dan ketika malam hari, tidur akan lebih nyenyak.

Manfaat buah nanas

Manfaat pare

2.Hindari makanan berat

Mungkin ini cara mengatasi insomnia ini cukup aneh, karena kita sudah terbiasa makan dengan makanan berat selama tiga kali sehari yaitu pagi, siang dan malam. Tetapi biasanya kita masih tetap bisa tidur nyenyak. Namun dibalik itu, makan dengan makanan berat pada malam hari sebenarnya tidak baik untuk kesehatan. Jadi, bagi kalian yang mengalami gejala susah tidur dimalam hari sebaiknya hindari makanan berat seperti nasi, roti, mie instan dan sebagainya.

 

3.Matikan alat elektronik

Cara mengatasi insomnia yang satu sebenarnya sangat ampuh. Dengan dimatikannya alat-alat elektronik seperti televisi dan ponsel, maka akan menunjang sekali kita untuk tidur nyenyak. Hal ini bisa terjadi karena cahaya atau lampu yang dihasilkan dari barang elektronik masuk ke retina atau telinga dan membuat bingung kerja otak untuk membedakan siang hari atau malam hari, sehingga mendistorsi waktu tidur kita.

Manfaat propolis

Manfaat kunyit

4.Dengan teknik pernapasan

Cara mengatasi insomnia selanjutnya adalah dengan teknik pernapasan, apakah bisa? ingatlah kalian dengan film Mr.Bean ketika malam hari menghitung domba karena sulit tidur?, namun kadang cara ini tidak ampuh untuk beberapa orang. Mungkin teknik pernafasan ini bisa dicoba. Ada teknik pernafasan yang disebut 4-7-8 teknik yang membantu untuk tidur lebih cepat. Yang harus dilakukan adalah untuk pertama bernapas dalam melalui hidung selama 4 detik, kemudian tahan nafas selama 7 detik, dan kemudian meniup udara keluar dari mulut Anda selama 8 detik. Kamu akan segera jatuh tertidur dalam waktu kurang dari 15 detik, setelah mengulangi metode ini tiga kali.

 

5.Terlalu lama tidur siang

Cara mengatasi insomnia ini cukup sederhana tetapi kadang sulit dilakukan, karena ketika dalam keadaan tidur kita tidak sadar dan tidak tahu akan bangun kapan. Mengatasi sudah tidur dengan cara ini sebenarnya cukup efektif, karena apabila terlalu lama tidur siang maka waktu tidur malam yang seharusnya 8 jam akan terpotong dengan waktu tidur siang, itu bisa terjadi. Jadi, untuk menghindari insomnia kurangi waktu tidur siang kita.

 

6.Mengkonsumsi Teh hijau

cara mengatasi insomnia
Sumber: bbcgoodfood.com

Cara mengatasi insomnia ini cukup efektif karena ada kandungan didalam teh hijau yang dapat merelaksasi tubuh jika mengkonsumsinya. Untuk mendapatkan manfaatnya minumlah segelas teh hijau saat sore atau malam hari.

Manfaat teh hijau

Manfaat bengkoang

7.Mandi dengan air panas

Mandi air panas dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan terasa nyaman. Tambahkan beberapa tetes minyak lavender saat berendam, tubuh akan terasa lebih baik lagi dan tidur pun bisa menjadi nyenyak. Efek pada lavender dapat merelaksasikan tubuh, sehingga ketika akan tidur maka akan lebih mudah.

 

8.Mengkonsumsi teh chamomile

Cara mengatasi insomnia dengan teh chamomile juga cukup efektif karena teh chamomile juga memiliki efek relaksasi untuk saraf dan juga bertindak sebagai obat penenang ringan dan alami.

 

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara mengatasi insomnia. Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Baca juga artikel lainnya, agar dapat menambah wawasan kita. Sekian terimakasih.

Tinggalkan komentar