Budidaya Ikan Hias

Share:

Budidaya ikan hias – Semua orang memiliki hobi atau kegiatan yang bermanfaat. Salah satu hobinya adalah memelihara ikan hias. Ikan hias oleh sebagian orang sangatlah penting. Karena selain sebagai hobi, ikan hias juga memberikan kesan hidup pada rumah yang ditinggali.
Dengan banyaknya permintaan yang datang, pasokan ikan hias juga harus ditambahkan. Hal ini membuat budidaya ikan hias semakin ditingkatkan. Bisnis semacam ini juga bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit. Ikan hias akan lebih mahal dibandingkan ikan konsumsi, karena tampilannya yang menarik membuat harga ikan hias lebih tinggi.

Tetapi tidak semata-mata membangun harga yang mahal, proses budidaya ikan hias yang dilakukan juga harus berkualitas seperti pemilihan induk, pengaturan kolam/akuarium, pengairan, pakan dan sebagainya. Hal itulah yang paling penting dalam budidaya ikan hias. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan berikut tentang proses budidaya ikan hias yang harus dilakukan.

Proses Budidaya Ikan Hias

Persiapan Kolam/aquarium

Budidaya ikan hias
Persiapan kolam ikan hias. Sumber: bibitikan.net

Salah satu faktor penting dalam melakukan budidaya ikan hias adalah pengaturan kolam atau aquarium. Ikan hias tidak seperti ikan konsumsi lainnya. Ikan hias lebih rentan dibandingkan ikan konsumsi. Itulah mengapa ikan hias harus lebih diperhatikan dalam pengaturan kolam.

Ikan hias akan bisa hidup jika kondisi air lebih jernih, tidak seperti ikan konsumsi misalnya ikan lele yang bisa hidup di air yang keruh. Untuk menghasilkan air yang jernih biasanya pada kolam atau akuarium akan disediakan saringan mikro untuk air yang dialirkan.

Ikan hias juga membutuhkan asupan oksigen untuk bisa bertahan hidup, makannya pada kolam disediakan air yang mengalir supaya ikan bisa mendapatkan oksigen yang baik. Untuk menghasilkan oksigen juga bisa ditaruh mesin aerator pada aquarium atau kolam.

Selain pengaturan air kebersihan kolam atau aquarium juga harus diperhatikan supaya tidak ada kotoran yang menyebabkan penyakit pada ikan hias.

Dengan begitu proses budidaya akan lebih baik baik dan lancar.

Pemilihan Indukan

Budidaya ikan hias
Pemilihan induk ikan hias. Sumber: mongabai.co.id

Indukan yang bagus adalah salah satu faktor utama dalam budidaya ikan hias. Selain bisa menghasilkan calon bibit yang banyak, indukan yang bagus juga bisa meningkatkan kemungkinan bibit ikan tumbuh sampai dewasa.
Dalam pemilihan bibit ikan hias bisa dilihat dari ciri-ciri seperti warna, proporsional tubuh, dan juga pergerakan ikan apakah lincah atau tidak.

  • Untuk warna pada indukan yang bagus juga bisa berpengaruh pada keturunannya karena hukum akan tetap berlaku. Jika warna indukan bagus maka pada bibitnya juga akan bagus juga.
  • Untuk proposional tubuh ikan hias juga harus diperhatikan. Indukan yang matang atau siap untuk proses pemijahan juga harus diperhatikan. Hal ini bertujuan agar proses bisa berjalan dengan baik.
  • Untuk Kelincahan juga sangat berpengaruh dalam pemilihan indukan. Indukan ikan hias yang lincah menandakan ikan tersebut dalam kondisi kesehatan yang baik.

Baca juga: Cara dan tips budidaya ternak lele

Pemijahan Ikan Hias

Budidaya ikan hias
Proses pemijahan dan pembuahan ikan hias. Sumber: aquriumhias.com

Setelah dilakukan pemilihan indukan proses selanjutnya adalah pemijahan. Dalam pemijahan ikan hias harus disediakan kolam khusus pemijahan. Kondisi kolamnya juga harus dalam kondisi yang baik. Seperti air yang mengalir, adanya oksigen adalah salah satu faktor penting dalam proses pemijahan. Namun ada juga ikan hias tertentu pada kondisi air yang tidak mengalir, tetapi masih bisa melakukan pemijahan seperti halnya ikan ikan guppy.

Dalam proses pemijahan biasanya harus disediakan media untuk bertelur atau tempat sembunyi yaitu kakaban. Kakaban umumnya terbuat dari ijuk. Namun ada pula kakaban yang terbuat dari tali rafia yang di suir menjadi seperti rambut. Tempat bersembunyi untuk melakukan pembuahan juga bisa diganti dengan rumput air. Intinya dalam proses pemijahan ikan hias, harus disediakan tempat bersembunyi.

Pemijahan dilakukan oleh ikan pada malam hari. Setelah melalui proses pembuahan, biasanya ikan akan bertelur, namun ada beberapa jenis ikan yang dimana telurnya menetas di dalam perut induknya kemudian anaknya baru dikeluarkan.

Penyortiran Bibit

Budidaya ikan hias
Penortiran ikan. Sumber: alamtani.com

Setelah proses pemijahan selesai bibit ikan yang masih kecil harus dipisahkan dari induknya dan diberikan pakan. Pakan yang sering digunakan oleh para budidaya ikan hias adalah cacing sutra.
Setelah beberapa hari ikan hias juga harus disortir lagi untuk memisahkan antara jantan atau betina serta ukuran yang besar dan yang kecil.

Penyortiran antara kelamin jantan dan betina harus dilakukan secara teliti agar tidak salah, biasanya para pembudidaya memiliki keahlian khusus dalam membedakan antara kelamin jantan dan betina. Penyortiran berdasarkan ukuran besar dan yang kecil juga penting , takutnya ikan yang ukurannya lebih besar akan memangsa ikan hias yang ukurannya lebih kecil.

Baca juga: Manfaat minyak ikan laut dalam

Panen Ikan Hias

Budidaya ikan hias
Panen ikan hias dan siap untuk di pasarkan. Sumber: klanews.id

Proses ini adalah proses yang ditunggu-tunggu. Proses panen ini harus sudah melalui proses penyortiran. Karena biasanya para konsumen akan membeli ikan hias yang jantan dan betina. Maka dari itu ikan hias harus dipisahkan.

Panen ikan juga harus memperhatikan usia ikan yang cocok untuk diedarkan. Usia ikan hias akan berbeda-beda menurut jenisnya, antara ikan hias yang satu dan lainnya pastinya memiliki waktu pertumbuhan dan perkembangan yang berbeda. Untuk ikan hias yang kecil biasanya lebih cepat pertumbuhannya dibandingkan jenis ikan hias yang ukurannya lebih besar.

Bisnis budidaya ikan hias ini juga sangat menjanjikan sekali panen dapat meraup omzet sampai jutaan rupiah. Jika sedang bagus bahkan sampai pulihan juta rupiah, wow lumayan juga yah. Apa kalian tertarik? Tetapi untuk meraih omzet sebesar itu tentunya kita harus konsisten dalam melakukan bisnisnya. Dengan konsisten pasti akan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Baca juga: Manfaat spirulina ramuan ganggang hijau

Selain itu juga saya akan menyajikan daftar harga ikan hias terbaru yang bisa kita ketahui. Harga ikan hias di bawah hanya perkiraan saja, karena setiap budidaya ikan hias memiliki harga yang mungkin agak sedikit berbeda.

Daftar Harga Ikan Hias Terbaru

Jenis Ikan Hias Anakan Dewasa
Harga Ikan Hias Aligator Gar Rp 20.000 Rp 350.000
Harga Ikan Hias Arwana Rp 75.000 Rp 500.000
Harga Ikan Hias Black Ghost Rp 10.000 Rp 25.000
Harga Ikan Hias Cupang Rp 10.000 Rp 35.000
Harga Ikan Hias Discus Rp 25.000 Rp 200.000
Harga Ikan Hias Guppy Rp 5.000 Rp 20.000
Harga Ikan Hias Harimau Sumatra Rp 5.000 Rp 10.000
Harga Ikan Hias Koi Rp 15.ooo Rp 200.000
Harga Ikan Hias Lemon Rp 10.000 Rp 20.000
Harga Ikan Hias Louhan Rp 20.000 Rp 300.000
Harga Ikan Hias Manfish Rp 7.500 Rp 15.000
Harga Ikan Hias Mas Koki Rp 10.000 Rp 50.000
Harga Ikan Hias Molly Rp 1.500 Rp 3.500
Harga Ikan Hias Neon Tetra Rp 1.500 Rp 3.000
Harga Ikan Hias Pedang Rp 1.000 Rp 2.000

Itulah informasi mengenai budidaya ikan hias dan juga daftar harga ikan hias. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa share juga artikel ini bagi kalian yang menyukai dan akan membudidayakan ikan hias. Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan, jika ada penulisan yang salah mohon dimaklumi dan jika ada komentar silahkan komentar pada kolom komentar yang disediakan. Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan komentar