Manfaat Buah Tin

Share:

Buah tin – adalah salah satu buah yang sudah sejak lama ada, bahkan sudah ratusan tahun lamanya. Buah ini juga sering disebutkan pada ayat-ayat AL-Quran, tepatnya pada surat At-Tin. Pada ayat tersebut tertulis dengan arti

“Demi buah tin dan buah zaitun, dan demi gunung thursina” (At-Tin: 1-2)

Ayat tersebut dengan jelas menjelaskan bahwa buah tin sudah ada sejak penciptaan Kitab Al-Quran.

 

Abu Darda RA juga meriwayatkan hadis Nabi bahwasanya:

“Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga maka itulah buah tin. Karena, buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok“  (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad )”

 

Dari sabda Nabi tersebut, dapat disimpulkan bahwa buah tin merupakan buah yang asalnya dari surga dan tergolong buah yang banyak manfaat dan sudah dikatakan Rasulullah yaitu untuk mengatasi penyakit dan menyehatkan tubuh.

 

Dengan demikian, kita perlu tahu tentang buah ini. Serta apa saja manfaat yang bisa kita ambil jika mengkonsumsi buah ini. Sebelum menuju kepada manfaatnya kali ini kita harus tahu dulu  seluk beluk tumbuhan tin tersebut. Mari kita bahas.

 

Buah tin adalah buah yang dihasilkan dari pohon tin, pohon ini bisa tumbuh setinggi 10 meter. Pohon tin banyak ditemukan di daerah Timur Tengah seperti Afghanistan dan bahkan sampai pada Benua Eropa tepatnya di Portugal. Bentuk daun menyerupai daun pepaya.

 

Nutrisi

buah tin
Buah tin. sumber: kebunpertaniaku

Selain itu da banyak sekali nutrisi yang terkandung di dalamnya dari mulai mineral, vitamin dan sebagainya apa saja?, berikut penjelasannya.

 

Lansiran dari California Fig-s Advisory, Nutritional value dalam 100 gram (3.5 oz)

 

  • Energi 250 kkal 1040 kJ
  • – Pantothenic acid (B5) 0.434 mg 9%
  • – Gula 47.92 g
  • – Magnesium 68 mg 18%
  • – Karbohidrat 63.87 g
  • – Vitamin C 1.2 mg 2%
  • – Lemak 0.93 g
  • – Folat (Vit. B9) 9 μg 2%
  • – Dietary fiber (serat) 9.8 g
  • – Zinc 0.55 mg 6%
  • – Thiamine (Vit. B1) 0.085 mg 7%
  • – Iron 2.03 mg 16%
  • – Protein 3.30 g
  • – Kalsium 162 mg 16%
  • – Riboflavin (Vit. B2) 0.082 mg 5%
  • – Potassium 680 mg 14%
  • – Niacin (Vit. B3) 0.619 mg 4%
  • – Fosfor 67 mg 10%
  • – Vitamin B6 0.106 mg 8%

 

Fakta:

Ada sebuah hadis shahih yang dikeluarkan oleh Bukhari mengenai apa yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW, bahwasanya buah tin dapat mencegah penyakit wasir dan menyembuhkan gangguan penyakit asam urat. Buah yang tidak bisa bertahan lama setelah dipetik ini bisa dikonsumsi dalam keadaan segar maupun dikeringkan setelah dipanen bisa diolah menjadi berbagai olahan seperti selai.

 

Seperti yang dikemukakan oleh Profesor Dr. Mangestuti Agil MS Apt, seorang guru besar dari Departemen Farmakognosi dan Fitokimia Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, pohon tin atau yang populer dikatakan pohon fig memiliki nama ilmiah Ficus carica dari suku Moraceae.

Baca jug

Manfaat beras hitam

Manfaat cengkeh

Setiap 100 gram tin yang belum diolah, terdapat berbagai macam vitamin dan mineral yang tinggi. Oleh karena itu tin dipercaya memiliki khasiat sebagai antioksidan.

 

“Secara empiris daun dari buah tin memiliki khasiat mengobati pembengkakan, termasuk penyakit wasir dan gigitan serangga. Manfaat tin lainnya yaitu sebagai anti inflamasi (anti radang) sudah terbukti dalam sebuah penelitian. Penelitian lainnya membuktikan pemberian ekstrak tin yang mengandung senyawa steroid dan flavonoid pada hewan mencit atau tikus kecil bisa menghambat sel kanker hati pada hewan tersebut’’ ujar Mangestuti.

 

Manfaat Buah Tin

Setelah kita mengetahui tentang seluk beluk buah tin, ada baiknya kita mengetahui juga apa saja manfaat buah tin yang bisa kita dapat apabila kita konsumsi.

Buah tin memang memiliki nutrisi yang baik apakah manfaat sebanding? Tentunya iya dong. Berikut penjelasannya.

 

Penyakit dari dalam tubuh

Mangatasi hipertensi dan jantung koroner

Mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh

Mencegah serangan jantung

Efektif mencegah diabetes

Mencegah Kanker mematikan

Mengatasi Insomnia

Mengatasi anemia

Menguatkan tulang dan mencegah nya dari keropos

Mengontrol kadar gula darah

Meningkatkan sistem imun tubuh

 

Masalah luar tubuh

Penggemuk badan

Peninggi badan

Cocok untuk diet

Memperlambat penuaan (anti aging)

Meningkatkan vitalitas pria

Menjaga kecantikan kulit

Mengatasi Jerawat

Mengobati Bisul

Mempercepat penyembuhan luka

 

Masalah lainnya

Mengatasi sembelit

Menyembuhkan wasir/Ambeien

Mencegah tumor

Mengatasi Asma

Mengobati sakit tenggorokan

Cocok dikonsumsi Ibu hamil dan baru saja melahirkan

 

Bacajuga

Cara meluruskan rambut

Manfaat buah pir

Manfaat buah tin yang paling utama dan paling penting

 

1.Mencegah Kanker

Penyakit yang kanker adalah salah satu penyakit yang paling berbahaya di dunia, apabila dibiarkan saja akan berakibat fatal dan bahkan bisa menyebabkan kematian. Namun untuk menghindari atau mencegah kita perlu menjaga pola makan yang baik salah satunya. Kita juga bisa mengkonsumsi buah tin sebagai makanan pelengkap.

Pada buah ini banyak sekali kandungan yang bisa kita ambil. Di dalam buah tin terdapat vitamin C dan mineral bail lainnya, dengan demikian kita akan mendapatkan zat antioksidan, yang dimana zat antioksidan ini sangat penting sekali bagi tubuh kita.

Zat antioksidan dapat menangkal radikal bebas atau benda asing termasuk bibit sel kanker. Dengan mengkonsumsi buah tin secara bertahap kita akan terlindungi dari radikal bebas yang berbahaya.

 

2.Mengontrol kadar gula darah

buah tin
sumber: doktersehat.com

Buah tin memiliki banyak sekali nutrisi yang terkandung di dalamnya. Sehingga apabila ada kadar gula darah yang tinggi maka gula dara akan tetap terkontrol,sehingga kadar gula dalam darah tetap normal.

Selain itu dengan adanya pengontrolan gula darah, maka penyakit diabetes akan terhindarkan.

 

3.Mencegah serangan jantung

Buah tin juga mengandung mineral Kalium yang dimana kalium sangat baik untuk memecah natrium. Natrium pada pembuluh darah dapat menyebabkan munculnya plak yang dapat menyebabkan penyumbatan sehingga dapat menimbulkan serangan jantung. Dengan demikian, konsumsilah buah tin secara rutin untuk terhindar dari serangan jantung.

Baca juga

Cara mengatasi keputihan

Cara menurunkan berat badan

 

4.Mengatasi sembelit

Sembelit adalah masalah yang sering sekali orang derita. Masalah ini disebabkan karena adanya masalah pada penyerapan air di usus besar sehingga menyebabkan kotoran menyumbat tidak bisa keluar.

Dengan mengkonsumsi buah tin kita bisa mendapatkan kandungan serat yang tinggi. Yang dimana serat ini dapat menghambat penyerapan air pada kotoran dan juga dapat melancarkan saat pembuangan. Dengan demikian mengkonsumsi buah ini sembelit akan terhindari.

 

5.Menurunkan kadar kolesterol

Kandungan pektin yang berperan pada proses ini. Zat tersebut akan membersihkan semua kolesterol dan membuangnya lewat sistem ekskresi baik itu berupa buang air besar, keringat, atau dalam bentuk air seni.

 

Itulah beberapa penjelasan buah tin serta manfaat dari buah tersebut. semoga bisa menambah wawasan yaa. Jangan lupa share artikel ini biar semua orang tahu apa saja manfaatnya. Sekian dan terimakasih.

 

Tinggalkan komentar